*/?>

7 Universitas Jurusan Kedokteran Gigi Terbaik 2022

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 11 May 2021
Sumber gambar : Dental Training Ltd
Sumber gambar : Dental Training Ltd

Kamu ingin jadi dokter gigi? Tentu bisa! Tapi, kamu harus terlebih dahulu menyelesaikan S1. Uniknya, sekolah kedokteran gigi tidak mengharuskan calon mahasiswanya untuk memiliki jurusan sarjana tertentu. Beberapa sekolah kedokteran gigi bahkan tidak mengharuskanmu untuk menyelesaikan gelar sarjana.

Tidak berarti bahwa sekolah kedokteran gigi tidak memiliki prasyarat akademis untuk masuk, ya! Pada kenyataannya, entri masuknya bisa sangat kompetitif. Salah satu persyaratan masuk yang umum adalah kamu harus menyelesaikan setidaknya dua tahun studi sarjana di perguruan tinggi. Sebagian besar sekolah kedokteran gigi juga mengharuskanmu untuk menyelesaikan sejumlah kelas di bidang studi ilmiah, termasuk biologi, kimia, fisika, dan biokimia.

Nah, untuk cita-citamu yang masih panjang ini (atau yang sudah dekat karena sudah semester akhir S1), perlu lah melihat universitas mana yang menawarkan jurusan dokter gigi terbaik di tanah air. Dilansir dari Scimago Institutions Rankings (SIR) 2022, ini top 7 universitas jurusan kedoteran gigi tanah air beserta peringkat internasionalnya:

7 Universitas Jurusan Kedokteran Gigi Terbaik 2022

Universitas Peringkat Nasional Peringkat Internasional
Universitas Indonesia 1 101
Universitas Airlangga 2 139
Universitas Hasanuddin 3 259
Universitas Padjajaran 4 327
Universitas Brawijaya 5 348
Universitas Gadjah Mada 6 369
Universitas Sumatera Utara 7 393