*/?>

Ini Dia 10 Negara Rerata IQ Tertinggi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 15 Jun 2022
Sumber gambar : Freepik
Sumber gambar : Freepik

Apa Itu IQ?

Istilah 'IQ' diciptakan pada tahun 1912 oleh psikolog William Stern dalam kaitannya dengan istilah Jerman Intelligenzquotient. Saat itu, IQ direpresentasikan sebagai rasio usia mental terhadap usia kronologis x 100. Jadi, jika seorang individu berusia 10 tahun memiliki usia mental 10, IQ-nya akan menjadi 100. Namun, jika usia mentalnya lebih besar dari usia kronologis mereka (misalnya, 12 daripada 10), IQ mereka akan menjadi 120. Demikian pula, jika usia mental mereka lebih rendah dari usia kronologis mereka, IQ mereka akan lebih rendah dari 100.

Test Binet

Tes IQ modern pertama dibuat oleh Alfred Binet pada tahun 1905. Ia memiliki implikasi yang sangat praktis dalam pikirannya: untuk dapat mengidentifikasi anak-anak yang tidak dapat mengikuti rekan-rekan mereka dalam sistem pendidikan yang baru-baru ini diwajibkan untuk semua.

Tes Binet terdiri dari pertanyaan pengetahuan serta yang membutuhkan penalaran sederhana. Selain butir-butir tes, Binet juga membutuhkan kriteria validitas eksternal, yang ia temukan dalam usia. Memang, meskipun ada variasi substansial dalam kecepatan perkembangan, anak-anak yang lebih tua pada umumnya lebih maju secara kognitif daripada yang lebih muda. Oleh karena itu, Binet mengidentifikasi usia rata-rata di mana anak-anak, rata-rata, mampu menyelesaikan setiap item, dan mengkategorikan item sesuai dengan kemampuan mereka. Dengan cara ini dia bisa memperkirakan posisi anak-anak relatif terhadap teman sebayanya: jika seorang anak, misalnya, mampu memecahkan item yang rata-rata hanya diselesaikan oleh anak-anak yang dua tahun lebih tua, maka anak ini akan dua tahun 'lebih maju' dalam perkembangan mental.

10 Negara Teratas dengan IQ Rata-Rata Tertinggi

Menurut sebuah studi tahun 2019 oleh peneliti Richard Lynn dan David Becker di Ulster Institute, skor IQ rata-rata tertinggi di dunia dimiliki oleh orang Jepang, dengan warga Taiwan dan Singapura berada di belakang. Daftar 10 teratas muncul di bawah: 

  1. Jepang - 106,49
  2. Taiwan - 106,47
  3. Singapura - 105,89
  4. Hong Kong (Cina) - 105,37
  5. Cina - 104,10
  6. Korea Selatan - 102,35
  7. Belarusia - 101,60
  8. Finlandia - 101,20
  9. Liechtenstein - 101,07
  10. Belanda & Jerman (seri) - 100,74

Penting untuk diingat bahwa IQ bukanlah satu-satunya cara untuk mengukur kecerdasan. Sebenarnya ada banyak cara berbeda untuk mencari negara terpintar di dunia, dan banyak di antaranya tidak ada hubungannya dengan IQ rata-rata. Misalnya, kamu dapat membandingkan nilai ujian akademik setiap negara, kemungkinannya untuk "memperluas batas pengetahuan" dan memperkenalkan teknologi data baru (Intelligence Capital Index), atau bahkan jumlah Hadiah Nobel yang telah dimenangkan setiap negara. Bahkan, kamu bisa menggabungkan ketiga statistik tersebut.