*/?>

Keterampilan Apa Yang Harus Muncul di Resume? Simak Di Sini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 02 Aug 2022
Sumber gambar : columbia college
Sumber gambar : columbia college

Apakah kamu pernah mendengar apa itu resume? Mungkin bagi kamu yang sudah akan melamar kerja, kata resume sudah biasa kamu dengar. Bagi yang belum tahu, resume adalah informasi yang menyajikan gambaran singkat tentang keterampilan dan kualifikasimu untuk posisi tertentu, informasi ini biasanya muncul di CV-mu. Pertanyaan berikutnya, keterampilan apa yang mesti kamu tonjolkan di resume-mu? Kamu bisa lihat jawabannya di sini!

Keterampilan Untuk Resume

Soft Skills Yang Dibutuhkan Di Resume

  1. Kepositifan - Soft skill ini tidak berarti "terlalu ceria atau selalu optimis." Sebaliknya, tunjukkan bahwa kamu mampu menghadapi kesulitan dengan kepercayaan diri. Ketangguhan dan tekad, bukan pola pikir negatif, adalah apa yang membuat pekerjaan selesai. Pencari kerja menginginkan itu.
  2. Etos kerja — Kejujuran, ketepatan waktu, tanggung jawab, dan keandalan merupakan bagian integral dari etos kerja yang kuat. Gambarkan kualitas-kualitas itu dalam contoh yang kamu berikan di bagian riwayat profesional dan keterampilan resume-mu.
  3. Manajemen waktu — Peran apa pun yang kamu cari, manajemen waktu adalah keterampilan utama untuk disertakan dalam resume-mu. Pengusaha ingin tahu kamu memiliki disiplin untuk menghilangkan gangguan, memenuhi tenggat waktu, dan mendapatkan hasil maksimal dari hari kerja.

Hard Skills Yang Dibutuhkan di Resume

  • Analisis data — Bisnis membutuhkan profesional yang dapat mengumpulkan dan menafsirkan data teknis untuk berbagai pemangku kepentingan. Keterampilan kuat di bidang ini berkisar dari pengetahuan menyeluruh tentang teori dan praktik basis data relasional hingga keterampilan menulis dan verbal yang kuat.
  • Menulis dan mengedit — Sama seperti keterampilan verbal dan presentasi yang dipoles adalah keterampilan orang yang berharga di tempat kerja saat ini, penulisan dan pengeditan yang kuat juga merupakan keterampilan yang sangat dihargai di hampir semua bidang. Memo tertulis lintas departemen yang ditulis dengan jelas dan persuasif, email, dan komunikasi internal lainnya. Dan tidak ada organisasi yang menginginkan konten eksternal — teks situs web, siaran pers, materi cetak, atau bahkan email perusahaan — dirusak oleh tata bahasa dan diksi yang salah atau struktur dan organisasi kalimat yang buruk.
  • Kemahiran perangkat lunak — Hampir setiap pekerjaan kantor saat ini membutuhkan setidaknya pengetahuan dasar tentang aplikasi Microsoft Office dan G Suite untuk pengolah kata, spreadsheet, email, presentasi, dan kolaborasi. Banyak peran akan membutuhkan pengetahuan teknologi yang jauh lebih dalam. Pekerjaan di bidang TI dan kreatif adalah contoh nyata, tetapi kecakapan teknologi sangat dihargai di banyak sektor dan peran lainnya.