*/?>

Memahami Testophobia dan Bahayanya Untuk Siswa

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 08 Sep 2022
Sumber gambar : theasianparents
Sumber gambar : theasianparents

Apa Itu Testophobia?

Testophobia adalah ketakutan irasional seseorang ketika berhadapan dengan tes atau ujian. Rasa takut akan tes yang sulit memang hal biasa, namun ketika ketakukan itu sangat akut hingga dapat menyebabkan panic attack, ini lah yang bisa dikategorikan sebagai testophobia. Rasa takut berlebihan ini bisa menyebabkan kegagalan atau bahkan tidak selesainya tes yang dijalani orang dengan ketakutan ini.

Apa Penyebab Testophobia?

Testophobia umumnya disebabkan oleh kegagalan tes di masa lalu yang berakibat pada hukuman yang traumatik; misanya orang tersebut harus mengulang kelas. Fobia ini juga mungkin dipicu oleh fakta bahwa gagal dalam ujian dapat menghancurkan masa depan; misal dalam konteks mengikuti ujian masuk ke perguruan tinggi impian, atau mungkin mengikuti ujian lisensi.

Nah, ada banyak gejala testophobia yang dapat sangat menghambat kinerja seseorang dalam mengerjakan tes, serta membuat mereka kurang percaya diri dan rendah diri. Seseorang yang menderita testophobia parah mungkin merasa sangat tidak kompeten dan tidak mampu dalam bidang studi yang mereka pilih. Keyakinan seperti itu juga dapat disertai dengan perasaan tidak berharga dan putus asa. Jika sudah merasakan beberapa perasaan ini, orang tersebut mungkin memiliki testophobia ini.

Bahaya Testophobia

Mereka dengan fobia ini mungkin merasa lumpuh oleh ketakutan mereka untuk mengikuti tes dan mungkin meyakinkan diri mereka sendiri bahwa mereka ditakdirkan untuk mengambil pekerjaan yang memiliki tanggung jawab minimal dan kualifikasi minimal sehingga mereka akan memiliki kesempatan terbatas untuk mengikuti tes atau melanjutkan kelas pendidikan. Seseorang dengan testophobia mungkin juga percaya bahwa mereka tidak cerdas karena ketidakmampuan mereka dalam mengikuti tes padahal kenyataannya adalah bahwa beberapa orang tidak pandai mengikuti tes. Kinerja tes dan kecerdasan tidak selalu berkorelasi.

Seseorang mungkin sangat berpengetahuan tentang topik tertentu, namun membeku ketika saatnya bagi mereka untuk diuji pengetahuannya. Ada banyak alasan untuk kejadian seperti itu. Misalnya, salah satu alasan mengapa orang-orang cerdas dapat melakukan tes dengan buruk adalah bahwa mereka mungkin terlalu banyak memikirkan setiap pertanyaan dan membaca terlalu banyak, sehingga memilih jawaban yang salah.

Cara Mengatasi Testophobia

  1. Hadapi rasa takut secara langsung. – Sadarilah bahwa tidak ada yang perlu dipermalukan. Ribuan orang lain menghadapi apa yang kamu hadapi setiap hari. Kamu tidak sendirian dalam pertempuran ini. Latihan dan pengulangan adalah kunci agar strategi ini berhasil.
  2. Jangan biarkan kepanikan atau kemunduran melumpuhkanmu. – Setiap orang memiliki hari yang buruk sekarang dan kemudian. Meskipun di hari-hari seperti itu mungkin terasa seperti kamu tidak membuat kemajuan apa pun, jangan menyerah. Hilangkan semua keraguan dan terus katakan pada diri sendiri, “Jika saya sudah sejauh ini, saya bisa terus maju.”
  3. Pertahankan perspektif 'big picture' – Strategi ini adalah tentang memahami “peluang apa yang harus kamu ambil.” Jangan hidup dengan penyesalan atau menunda untuk menerima perubahan besar sampai semuanya terlambat.