*/?>

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Investasi Sedini Mungkin!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 14 Sep 2022
Sumber gambar : young upstarts
Sumber gambar : young upstarts

Salah satu hal yang harusnya dibicarakan namun jarang disentuh di usia sekolah menengah atau usia kuliah adalah investasi. Padahal hal ini adalah hal penting yang harus dimulai sedini mungkin. Nah, untuk mendorongmu mempertimbangkan diri untuk mulai investasi, kamu bisa lihat artikel kali ini. Akan dibahas secara singkat beberapa alasan mengapa kamu harus mulai investasi sekarang.

(Baca juga: Investasi Sejak Kuliah? Bisa Banget!)

Selangkah Lebih Maju dari Orang Lain

Semakin awal kamu mulai berinvestasi, semakin tinggi peluangmu untuk memahami pentingnya berinvestasi, semakin baik situasi keuangan pribadimu nantinya. Dibandingkan dengan teman sebayamu yang terlambat berinvestasi, kamu akan mampu membeli hal-hal yang teman sebayamu belum mampu beli.

Kebiasaan Berbelanja Akan Meningkat

Berinvestasi lebih awal memungkinkanmu mengembangkan kebiasaan belanja yang disiplin dengan berfokus pada anggaran dan memotong pengeluaran saat dibutuhkan. Tujuannya di sini adalah untuk mendapatkan uang dengan menabung. Ini adalah aspek lain dari pentingnya investasi bagi siswa.

Belum Ada Tanggungan

Siswa belum banyak punya beban biaya hidup seperti mereka yang sudah bekerja. Itu artinya, mengambil risiko berinvestasi adalah hal yang bisa dilakukan dengan lebih fleksibel. Meskipun mengalami kegagalan, seorang yang lebih muda akan lebih punya banyak waktu untuk 'mengembalikan modal' dibandingkan yang sudah punya tanggungan hidup.

Mulai Lebih Cepat, Keuntungan Lebih Besar

Dengan terus menginvestasikan kembali penghasilan atau tabunganmu, kamu secara eksponensial meningkatkan laba atas investasimu. Investor yang cerdas memahami manfaat berinvestasi lebih awal dan memanfaatkan potensi keuntungan dari bunga ini. Orang yang akan mulai berinvestasi lebih awal akan memberikan uangnya waktu untuk mendapatkan bunga lebih besar.