*/?>

Ingin Kuliah Sambil Kerja? Catat 3 Hal Ini Sebelum Memulai

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 01 Dec 2022
Sumber gambar : bukas
Sumber gambar : bukas

Pernah berpikir untuk kuliah sambil kerja (atau kerja sambil kuliah, apa pun sebutannya)? Kalau pernah, sudahkah kamu mempertimbangkan pro kontranya? Sebab, meskipun bekerja dini punya keuntungannya sendiri, ada juga beberapa hal yang harus dikorbankan agar pilihan ini menuai hasil. Kuliah sambil kerja, bukan lah hal mudah. Kamu harus benar-benar mematangkan alasanmu mengambil keputusan ini sebelum melempar CV-mu ke perusahaan.

Well, ada berbagai alasan mahasiswa bekerja saat mereka kuliah, termasuk mendapatkan pengalaman profesional untuk membantu mempersiapkan karir mereka setelah lulus dan untuk mendapatkan uang sendiri sehingga mereka dapat belajar bagaimana menganggarkan dan membayar pengeluaran mereka secara mandiri. Sementara keadaan keuangan beberapa mahasiswa mungkin mengharuskan mereka untuk bekerja sambil mengejar gelar mereka, yang lain mungkin mencari peluang profesional karena pelatihan industri langsung dan pengembangan keterampilan yang mungkin mereka terima di luar studi mereka.

Apakah alasanmu ingin kuliah sambil kerja ada di atas? Terlepas dari segala alasannya, ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan ketika kamu nantinya terjun ke dunia kerja. Apa saja yang perlu dicamkan? Lihat di bawah ini:

(Baca juga: 10 Tips Cara Bekerja Sambil Kuliah)

3 Hal Yang Harus Dicatat Sebelum Kuliah Sambil Kerja

Membagi Waktu Antara Tugas Kampus dan Deadline Kerjaan

Menemukan pekerjaan yang memungkinkan kamu punya waktu belajar di kampus dengan tenang bukanlah hal yang mudah. Pasti kamu akan mengalami hari-hari penuh kegelisahan karena harus memenuhi tenggat waktu yang diharapkan si perusahaan tempatmu bekerja sambil masih harus memenuhi target nilai ujianmu. Maka dari itu, manajemen waktu adalah satu-satunya keterampilan yang dapat menyelamatkanmu.

Lingkungan Sosial Yang Tak Terhindarkan

Berkomunikasi dengan rekan-rekan di tempat kerja mungkin tidak semudah kelihatannya, apalagi saat kamu sudah dituntut untuk aktif berkomunikasi di kampus. Kamu harus punya social battery yang tahan lama sebab dinamika di kampus dan di tempat kerja membutuhkanmu untuk tetap terhubung dengan orang-orang. Hal ini mungkin sedikit sulit untuk mereka yang introvert. Namun, kuliah sambil kerja tetap patut dicoba!

Lebih Sedikt Waktu Bersenang-Senang

Kehidupan kuliah-kerja mungkin monoton dan membosankan. Kamu akan lebih jarang bertemu teman kampus, kamu akan kekurangan persahabatan dengan mereka karena banyak waktumu terpakai untuk bekerja setelah pulang kuliah. Kamu akan lebih jarang keluar jalan-jalan ke mall atau ke karaoke. Meskipun kamu harus mengorbankan hal ini di kampus, di sini lain kamu akan lebih dulu menemukan jalur karirmu dibanding yang hanya fokus kuliah.