*/?>

Mahasiswa, Cek Tips Agar Tak Ketiduran Di Kelas Di Sini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 03 Jan 2023
Sumber gambar : bloomberg
Sumber gambar : bloomberg

Mata berat dan kepala pusing lalu kamu jadi ke dalam dunia mimpi bukan tindakan ilegal. Tapi ketika kamu melakukannya di kelas, akan ada konsekuensi buruk yang terjadi. Kamu bisa tertinggal pelajaran yang seharusnya penting atau dosen jadi marah dan punya pandangan buruk tentang kelalaianmu ini sehingga mereka menganggapmu absen. 

Yup, ketiduran di kelas tidak ada bagusnya sama sekali. Dan meskipun kita tahu kunci agar bugar adalah mendapat tidur yang cukup, terkadang hal ini sedikit tak mungkin. Tak usah khawatir, di bawah ini adalah lima tips agar kamu tak ketiduran di kelas!

5 Tips Agar Tak Ketiduran Di Kelas

Hirup udara segar sebelum kelas dimulai

Menghirup udara segar bisa saja membuatmu lebih fokus dan menghindarikanmu dari ketiduran di kelas. Renggangkan tubuh dan atur napas dengan baik sebelum kelas dimulai. Hal ini juga akan membantumu menemukan semangat.

Bawa botol air ke kelas

Setiap kali kamu merasa lelah atau mulai merasa mengantuk, minumlah air. Minum air dingin akan membantumu tetap terhidrasi untuk membuatmu tetap fokus. Jika kamu tidak minum cukup air, tubuhmu tidak akan mampu berfungsi sebaik mungkin.

Duduk di depan kelas

Menjadi lebih dekat dengan guru adalah motivator yang hebat untuk tetap terjaga di kelas. Studi juga telah membuktikan bahwa duduk di depan kelas, membuat mahasiswa menerima nilai ujian yang lebih tinggi.

Mencatat ketika berada di kelas

Kegiatan mencata di kelas dapat membuatmu tetap aktif dan membantumu fokus pada apa yang kamu pelajari di kelas. Kamu juga boleh mencorat-coret di buku catatanmu. Meskipun hanay coretan, itu lebih baik daripada tertidur di kelas.

Berpartisipasi aktif di kelas

Salah satu cara lain agar tetap terjaga adalah dengan tetap aktif di kelas. Tanyakan hal-hal yang belum jelas pada dosenmu atau bantah beberapa pendapat yang dosenmu buat ketika kamu tak menyetujuinya. Jadilah volunteer ketika dosen membutuhkan bantuan mahasiswa untuk menjelaskan bab-bab yang telah dilalui.