*/?>

Mau Lulus SNBP 2023? Ini Dia 3 Kunci Lulus SNBP 2023

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 14 Feb 2023
Sumber gambar : SNBP
Sumber gambar : SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 akan segera bergulir. Apakah kamu sudah siap? Jika sudah, semoga kamu berhasil! Jika belum, kamu mungkin masih khawatir kalau kamu gagal di SNBP 2023. Perasaan ini wajar. SNBP hanya diadakan satu tahun sekali dengan ribuan pesaing yang sama-sama berprestasi sehingga perasaan negatif itu masuk akal.

Nah, supaya kamu tak terlalu khawatir, kamu bisa contek dulu 3 kunci lulus SNBP 2023 yang dibocorkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni (AMA) Universitas Airlangga (Unair) Prof Dr Bambang Sektiari Lukiswanto. Menurutnya, jika kamu sudah memperhatikan 3 kunci kelulusan SNBP ini, maka kamu akan sukses di SNBP 2023!

(Baca juga: Aturan Pilih Program Studi di SNPMB 2023: SNBP dan SNBT Apa Bedanya?)

3 Kunci Lulus SNBP 2023

Kesesuaian Prestasi dengan Jurusan Pilihan

Jika kamu pandai di bidang matematika, maka peluang masukmu ke jurusan STEM (Science, Technic, Engineering, Mathematics) di SNBP akan lebih besar daripada ketika kamu memilih jurusan lintas studi. Maka dari itu, kamu harus memastikan prestasimu sejalan dengan jurusan yang kamu pilih. Misal kamu memiliki banyak prestasi lomba fisika, jangan ragu memilih jurusan yang membutuhkan dasar pengetahuan fisika yang kuat juga!

Ranking Siswa di Sekolah 

Apakah kamu masuk dalam 5 besar selama masa SMA? Jika iya, maka peluang masukmu ke universitas dan jurusan pilihan di SNBP 2023 semakin besar. Jika belum mencapai peringkat atas di kelas, jangan terlalu khawatir. Masih ada poin satu di atas - kesesuain prestasi dengan program studi pilihan, yang bisa jadi penyelamatmu. Barangkali, ada juga calon mahasiswa berpotensi yang malah memilih jurusan lintas studi.

Indeks Sekolah

Hal terakhir adalah hal yang ada di luar kontrolmu: Indeks sekolah. Semakin tinggi ranking sekolahmu, maka semakin besar peluang masukmu ke jurusan idaman melalui jalur SNBP 2023. Semakin terkenal (karena prestasi) sekolahmu, maka semakin besar kemungkinan masukmu ke universitas idaman melalui jalur SNBP 2023. Jangan terlalu khawatir, selama sekolahmu berakreditasi A, dan prestasimu di sekolah selalu tinggi, kamu akan tetap bisa bersaing. Jika kamu sangat beprestasi di sekolah, sering menang olimpiade, dan rajin ranking 3 besar di kelas, peluang masukmu akan lebih bernilai meskipun kamu bukan bersal dari sekolah terkenal, loh!