*/?>

4 Kampus Terbaik di Medan

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 06 Mar 2023
Sumber gambar : INDOZONE SUMUT
Sumber gambar : INDOZONE SUMUT

Menjelajahi Medan dan kamu akan menemukan beberapa universitas papan atas yang bisa masuk daftar rekomendasimu berkuliah tahun ini. 4 universitas di Medan ini berakreditasi A, dan sering masuk pemeringkatan luar negeri, seperti EduRank, Webometrics, dan lain-lain. Peringkatnya di ranah nasional cukup baik, dan begitu pula pemeringkatannya di ranah internasional. Penasaran universitas di Medan mana yang dimaksud? Kamu bisa cek di bawah ini!

4 Kampus Terbaik di Medan

Universitas Sumatera Utara (USU)

Sejarah Universitas Sumatera Utara (USU) dimulai dengan berdirinya Yayasan Universitas Sumatera Utara pada tanggal 4 Juni 1952. Kini, Universitas Sumatera Utara menyediakan program sarjana, magister, doktoral, profesi, spesialis, dan diploma. Beberapa fakultas juga menyediakan program internasional pada program sarjana maupun magister dan doktoral.

Universitas Negeri Medan (Unimed)

Universitas Negeri Medan yang peresmiannya dilaksanakan pada bulan Februari 2000 dengan SK. Presiden No. 124 Tahun 1999, tanggal 7 Oktober 1999. Perubahan kelembagaan ini yang menyebabkan perluasan fungsi lembaga yang diperkirakan memiliki nilai lebih ditinjau dan beberapa hal antara lain: Terjadinya pemanfaatan bersama fasilitas dan sumber-sumber belajar (resource sharing) secara optimal, dan memperbesar daya tampung mahasiswa dan akses Universitas Negeri.

Politeknik Negeri Medan

Politeknik Negeri Medan saat ini menjadi pusat pendidikan vokasi yang berfokus pada pengembangan kemampuan sumber daya manusia dan memiliki visi global untuk turut serta meningkatkan angka partisipasi kasar pendidikan di Indonesia. Dengan 16 program studi yang ada dan fasilitas kampus seluas 8.5 ha, Politeknik Negeri Medan mempersiapkan kurikulum berbasis kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) 

Berdirinya IAIN Sumatera Utara pada tahun 1973 merupakan perkembangan natural dari kemajuan pendidikan di Sumatera Utara, Dari perspektif sejarah, keberadaan Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara dilatari oleh dua faktor. Pertama, bahwa perguruan tinggi Islam yang berstatus negeri saat itu belum ada di Provinsi Sumatera Utara. Kedua, pertumbuhan madrasah, pesantren, dan lembaga pendidikan yang sederajat dengan SLTA berkembang pesat di daerah ini.