*/?>

Mengenal Program Studi Sastra Arab

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 17 Mar 2023
Sumber gambar : Wiki
Sumber gambar : Wiki

Dari banyaknya jurusan sastra, ada satu yang sangat ketimuran, yaitu jurusan Sastra Arab. Jurusan ini memang tak seterkenal jurusan Sastra Inggris atau Prancis, namun jurusan Sastra Arab juga punya daya jualnya sendiri sehingga jurusan ini tetap memiliki peminat setiap tahunnya meskipun tak seramai jurusan sastra lainnya. 

Jika kamu salah satu calon mahasiswa yang mulai melirik jurusan Sastra Arab tapi masih ragu, maka artikel ini akan cocok untukmu. Kamu akan bisa melihat lebih dekat apa itu jurusan Sastra Arab, mata kuliah apa saja yang ditawarkan serta prospek profesi yang bisa kamu ambil setelah lulus. Untuk kamu yang ingin tahu lebih dalam tentang jurusan Sastra Arab, yuk mampir ke sini segera! 

Mengenal Program Studi Sastra Arab

Sekilas Jurusan Sastra Arab

Di dalam jurusan Sastra Arab adalah pembelajaran termasuk instruksi dalam filologi, Bahasa Arab Klasik, Bahasa Arab Standar Modern, dialek, dan aplikasi literatur Arab untuk bisnis, sains/teknologi, dan pengaturan lainnya. Setelah lulus, mahasiswanya akan memperoleh penguasaan tata bahasa Arab tingkat tinggi dan cabang linguistik Arab lainnya seperti filologi dan leksikologi. Selain dalam ranah bahasa Arab sebagai seni, kefasihan berbahasa Arab dapat meningkatkan resume untuk pekerjaan dalam urusan internasional, ekonomi global, dan bisnis. Bahasa Arab sendiri adalah salah satu dari enam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan bahasa yang memiliki kepentingan strategis untuk keamanan nasional sehingga tidak ada ruginya mempelajari bahasa satu ini.

Mata Kuliah Jurusan Sastra Arab

Berikut beberapa mata kuliah jurusan Sastra Arab:

  1. Bahasa Arab
  2. Perkembangan Sastra Arab
  3. Fonetik dan Fonologi Arab
  4. Morfologi dan Sintaksis Arab
  5. Semantik Pragmatik Arab
  6. Kritik Sastra Arab
  7. Terjemahan Arab-Indonesia
  8. Quran dan Hadis
  9. Sejarah Masyarakat Arab
  10. Gerakan dan Pemikiran Islam

Prospek Profesi Lulusan Jurusan Sastra Arab

Jurusan Sastra Arab membekali mahasiswanya dengan keterampilan analitis dan menulis yang akan membuat mereka memenuhi syarat untuk pekerjaan di berbagai bidang seperti pendidikan, jurnalisme, penerbitan, penerjemahan, dan seni kreatif. Mereka akan dapat mengungkapkan hasil pembelajaran dengan cara ilmiah, dan mereka akan memperoleh kemahiran dalam mensurvei sumber primer dan sekunder bahasa dan sastra Arab. Lulusannya juga akan sepenuhnya mengenal tren utama produksi sastra di abad pertengahan dan zaman modern, serta teori retorika, prosodi, dan kritik sastra Arab dari perspektif klasik, modern, dan pasca-modern.