*/?>

Mengenal Program Studi Desain Interaktif

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 27 Mar 2023
Sumber gambar:  Falmoth University
Sumber gambar: Falmoth University

Beberapa hari lalu, Universitas Bunda Maria (UBM) membuka jurusan S1 baru, yaitu jurusan desain interaktif. Jurusan ini mungkin terdengar asing di telinga kalian, sebab ketika membayangkan jurusan desain, otak kita mentok pada jurusan desain komunikasi visual saja. Padahal, jurusan desain interaktif sudah ada di beberapa universitas di Indonesia, dan sebagaian lainnya menjelma sebagai mata kuliah, bukan jurusan. Meskipun bentuknya berbeda antara jurusan dan mata kuliah, desain interaktif mengajarkan hal yang sama: cara memadukan desain dan kemajuan teknologi untuk menaikkan nilai bisnis perusahaan atau organisasi. Karena masuk ranah kreatif, orang-orang yang belajar desain interaktif adalah orang-orang yang 'seni banget,'

Kalau kamu ingin masuk jurusan desain yang baru dan menarik ini, kamu harus terlebih dahulu mengecek serba-serbinya seperti bahasan sekilas jurusan tersebut, mata kuliahnya, dan keterampilan yang akan didapatkan lulusannya. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampau, yuk mengenal jurusan Desain Interaktif di artikel kali ini!

Mengenal Program Studi Desain Interaktif

Sekilas Jurusan Desain Interaktif

Jurusan Desain Interaktif akan mengembangkan keterampilan desain dan produksi digital mahasiswanya. Mereka akan belajar mengevaluasi dan merancang platform dan layanan media online kontemporer. Mereka akan menganalisis teori dan teknologi web kontemporer, digital, media, dan desain visual; dan akan mengomunikasikan konten secara efektif melalui proyek media praktis. Mahasiswanya juga akan mendapatkan pengetahuan mendalam tentang struktur, etika, dan dinamika industri desain digital, media, media visual, dan hiburan. Setelah mahasiswa jurusan desain interaktif menyelesaikan program ini, mereka tidak hanya akan dapat menciptakan teknologi interaktif baru tetapi juga akan mengetahui cara memperkenalkannya ke pasar dengan benar.

Mata Kuliah Jurusan Desain Interaktif

Berikut beberapa mata kuliah jurusan Desain Interaktif di Universitas Bina Nusantara (BINUS) semester 3 dan 4:

  1. Grafik Komputer
  2. Fotografi
  3. Desain Komunikasi Visual
  4. Sistem perusahaan
  5. Metode Penelitian dalam Sistem Informasi
  6. Pengujian dan Implementasi Sistem
  7. Kewirausahaan: Prototyping
  8. Analisis dan Desain Sistem Informasi
  9. Pengembangan Aplikasi Bisnis
  10. Manajemen Data dan Informasi

Keterampilan Lulusan Jurusan Desain Interaktif

Setelah lulus dari jurusan desain interaktif, ada beberapa keterampilan yang akan didapat, dan tentunya dibutuhkan di bidang karir yang bersangkutan, yaitu:

  • Mengikuti proses desain lengkap, mulai dari melakukan riset pasar hingga membuat konsep dan merancang produk untuk perusahaan.
  • Menganalisis perilaku konsumen untuk mendapatkan wawasan pengguna dan mengidentifikasi peluang untuk mengoptimalkan kegunaan suatu produk.
  • Mengidentifikasi setiap cacat atau poin perbaikan selama fase pengujian produk.
  • Bekerja dengan tim pengembangan produk untuk memastikan produk memenuhi tujuan manajemen dan konsumen.
  • Memberikan umpan balik kepada tim desain mengenai kegunaan, nilai, dan manfaat produk.
  • Terlibat dengan pelanggan untuk mengukur bagaimana produk diterima.
  • Tetap up to date dengan pasar dan industri untuk menerapkan teknologi terbaru dengan lebih baik dalam proses desain.