*/?>

Mahasiswa, Ini 4 Alasan Kamu Harus Bangun Pagi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 28 Mar 2023
Sumber gambar: Freepik
Sumber gambar: Freepik

Bangun pagi itu musuh terbesar banyak orang di muka bumi ini. Paling asyik itu begadang, lalu bangun siang - kita tahu hal ini tak ideal, tapi tetap kita lakukan karena sulit rasanya mengubah kebiasaan ini. Padahal, bangun pagi memiliki banyak keuntungan. Keuntungan ini tak hanya soal keuntungan buat kesehatan tubuh kita, tetapi juga keuntungan dalam hal menjaga produktivitas kita di hari tersebut. Kita akan mendapatkan banyak nilai plus dari bangun pagi yang dapat kamu lihat jabarannya di bawah ini!

4 Alasan Kenapa Harus Bangun Pagi

Waktu untuk diri sendiri

Ketika kamu bangun lebih awal, kamu tidak hanya dapat menikmati kopi pagi tetapi juga melakukan banyak aktivitas lain sebelum memulai rutinitasmu sebagai mahasiswa. Tidak punya waktu untuk hobimu? Sederhana, bangun lebih pagi. Ingin memasukkan olahraga ke dalam rutinitasmu? Bangun lebih pagi! Ilmuwan juga telah membuktikan adanya inersia tidur. Periode dua-empat jam setelah bangun di mana otak tidak dapat berfungsi dengan kapasitas penuhnya. Begitu kamu mulai mengubah kebiasaan terkait bangun lebih pagi ini, tingkat produktivitas dan energimu akan meningkat secara besar-besaran.

Mengurangi Stres

Bangun lebih pagi memberimu waktu luang untuk merencanakan harimu ke depan. Kamu tidak akan merasa terburu-buru menjalani hari. Perencanaan ke depan menghilangkan stres yang datang dengan terburu-buru untuk menyelesaikan sesuatu. Selain itu, ketika kamu bangun lebih awal, kamu memiliki lebih banyak waktu untuk aktivitas santai yang menghilangkan stres, membantumu memulai hari dengan pikiran yang tenang dan santai. Pada gilirannya, kamu akan lebih siap untuk memprioritaskan dan menyelesaikan masalah. Ini adalah kunci untuk tetap bebas stres sepanjang hari.

Nilai IPK yang Lebih Baik

Bangun lebih awal juga dapat meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan skor lebih tinggi daripada orang lain di bidang akademik. Dalam sebuah penelitian terbaru, mahasiswa yang bangun pagi mendapatkan hasil yang lebih baik daripada mereka yang begadang. Rata-rata, mahasiswa yang rajin bangun pagi dan mengatur jadwal tidur malam mereka mendapat poin penuh lebih tinggi di IPK mereka (nilai rata-rata poin tiap semester) daripada mereka yang hobi begadang.

Tidur Malam Yang Lebih Berkualitas

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bangun lebih awal cenderung tidur lebih awal dan menikmati tidur yang lebih lama dan berkualitas lebih baik. Tidur yang cukup dan berkualitas ini memiliki banyak manfaat, yaitu menciptakan suasana hati membaik, konsentrasi yang lebih baik, menurunkan kemungkinan obesitas dan penyakit kronis lainnya. Sedangkan kurang tidur dapat menyebabkan lemahnya sistem kekebalan tubuh, meningkatkan potensi tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes.

Nah, 4 alasan di atas sebenarnya tak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa. Idealnya, kita harus hidup sambil mengingat istilah 'bangun siang, rejeki dipatok ayam'. Istilah ini mengajarkan kita untuk selalu mengambil keuntungan dari bangun pagi dan menjadi lebih produktif, daripada bermalas-malasan dan kehilangan banyak waktu dalam menjalani hari-harimu.