*/?>

Tips Lolos Tes TOEFL

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 18 May 2023
Sumber gambar: TOEFL
Sumber gambar: TOEFL

Salah satu syarat untuk bisa kuliah ke luar negeri adalah lolos dengan nilai Test of English as a Foreign Language (TOEFL) yang mengagumkan. Maka dari itu, banyak mengerjakan latihan soal harus jadi solusinya. Namun, apakah mengerjakan soal saja, tanpa memetakan apa yang harus kamu pelajari, cukup untuk meloloskanmu pada tes yang tak mudah ini? Tentu tidak. TOEFL sendiri memiliki empat bagian yang harus kamu selesaikan. Ada bagian reading, listening, speaking, dan writing. Selain mengerjakan banyak latihan soal, kamu juga harus bisa membuat startegi belajar yang tepat agar kamu bisa melahap semua materi tes TOEFL dengan baik.

(Baca juga: 5 Perbedaan Dasar TOEFL dan IELTS)

Bagaimana cara atau strategi belajar paling baik agar lolos TOEFL? Tentu dengan memperhatikan semua bagian tes TOEFL dan memberikan pendekatan yang berbeda untuk tiap bagian tergantung macamnya. Kamu tentu tidak bisa hanya mengerjakan soal untuk bagian reading yang pilihan ganda dan menyamakan cara belajar ini untuk bagian writing yang mewajibkanmu membuat esai. Nah, untuk belajar dengan cara yang tepat pada empat bagian TOEFL (reading, lsitening, speaking, writing), yuk ikuti tips lolos tes TOEFL di bawah ini!

Tips Lolos Tes TOEFL

Tips untuk Bagian Reading TOEFL

  • Identifikasi kata-kata penting terlebih dahulu - Pengetahuan kosa kata akan menjadi penting, dan kamu harus mengenali kata-kata penting dalam bagian tersebut.
  • Bacalah pertanyaan terlebih dahulu - Lihat pertanyaan yang akan ditanyakan tentang suatu bagian, kemudian cari detail dalam bagian tersebut.
  • Gunakan ujian praktik untuk membangun keterampilan lebih awal dalam mencari istilah kosakata penting, gagasan utama, dan kesimpulan.

Tips untuk Bagian Listening TOEFL

  • Berlatih percakapan hanya dalam bahasa Inggris - Semakin mudah melakukan percakapan hanya menggunakan bahasa Inggris, semakin mudah untuk memahami materi.
  • Singkirkan semua gangguan dan berkonsentrasilah pada apa yang ada pada materi ujian. Dengan menggunakan tes latihan, biasakan untuk berkonsentrasi mendengarkan
  • Dengarkan informasi yang paling penting. Berfokuslah untuk mendengarkan gagasan utama dengan detail.

Tips untuk Bagian Speaking TOEFL

  • Luangkan waktu sebelum mulai berbicara - Penting di bagian ini untuk merespons secepat mungkin tanpa jeda yang lama. Disarankan untuk memberikan jawaban yang menyeluruh
  • Pelajari pelafalan kata yang benar sebelum ujian - Poin akan dikurangi jika salah mengucapkan kata, jadi berusahalah untuk melatih pelafalan yang benar.
  • Pertahankan bahasa yang familiar - Gunakan ekspresi dan kata-kata yang dikenal sehingga dapat memberikan tanggapan yang percaya diri dan terbingkai dengan baik.

Tips untuk Bagian Writing TOEFL

  • Pelajari aturan ejaan dan tata bahasa. Wajib untuk memastikan ejaan yang benar dari kata yang digunakan.
  • Kembangkan garis besar untuk esai terlebih dahulu - Rencanakan esai sebelum mulai menulis dan luangkan waktu di akhir untuk meninjau hasilnya.
  • Gunakan bahasa yang diketahui dengan baik - Cobalah untuk menulis dalam istilah sederhana dan sertakan contoh untuk mendukung poin yang dibuat.