*/?>

6 Profesi Dengan Kepuasan Kerja Terbaik 

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 01 Feb 2024
Sumber gambar: Freepik
Sumber gambar: Freepik

Tidak puas pada pekerjaan yang dilakukan setelah lulus - pekerjaan pertama pula, adalah hal yang kamu ingin hindari. Mengapa? Karena pekerjaan pertamamu akan menjadi tolak ukur apakah kamu bisa bertahan lama pada bidang tersebut atau memutuskan untuk pindah haluan di tahun pertama. Padahal, bekerja itu sama saja dengan meniti karir, harus bisa dipertahankan lama dan jangan jadinya bosan di tengah jalan. Yah, meskipun tantangan bekerja juga bukan hal yang bisa dipungkiri juga.

Nah, menurut studi dari Robert Half Solution, ada beberapa profesi yang memberikan kepuasan kerja terbaik. Apa saja profesi yang memberikan kepuasan kerja terbaik tersebut? Yuk cek di bawah ini!

6 Profesi Dengan Kepuasan Kerja Terbaik 

Kedokteran Gigi

Kedokteran gigi adalah profesi yang berkaitan dengan pencegahan dan pengobatan penyakit mulut, termasuk penyakit gigi dan struktur pendukungnya serta penyakit jaringan lunak mulut. Kedokteran gigi juga mencakup perawatan dan koreksi malformasi rahang, ketidaksejajaran gigi, dan kelainan lahir pada rongga mulut seperti langit-langit mulut sumbing. Selain praktik umum, kedokteran gigi mencakup banyak spesialisasi dan subspesialisasi, termasuk ortodontik dan ortopedi gigi, kedokteran gigi anak, periodontik, prostodontik, bedah mulut dan maksilofasial, patologi mulut dan maksilofasial, endodontik, kedokteran gigi kesehatan masyarakat, dan radiologi mulut dan maksilofasial.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Profesi di bidang pendidikan anak usia dini difokuskan pada tonggak perkembangan penting, keterampilan, dan konsep yang dicapai anak-anak selama periode kehidupan mereka, mulai dari keterampilan sosial-emosional hingga awal berhitung, melek huruf, dan berpikir kritis. Selain mempersiapkan anak-anak untuk mencapai kesuksesan akademis di masa depan, pengembangan layanan dan pendidikan anak usia dini yang berkualitas tinggi juga dianggap sebagai indikator ekonomi utama ketika menilai kesehatan dan posisi masa depan suatu bangsa. Aspek dasar pendidikan ini secara langsung berkontribusi terhadap kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak, yang diwujudkan melalui peningkatan kesejahteraan nasional, inklusi sosial, dan pembangunan ekonomi.

Psikologi

Psikologi adalah studi ilmiah tentang pikiran dan perilaku. Psikolog terlibat aktif dalam mempelajari dan memahami proses mental, fungsi otak, dan perilaku. Bidang psikologi dianggap sebagai “Hub Science” yang memiliki hubungan kuat dengan ilmu kedokteran, ilmu sosial, dan pendidikan. Psikolog biasanya melakukan penelitian psikologis, penalaran dan pemecahan masalah. Mereka juga ahli eksperimen yang memahami sejarah psikologi dengan mempelajari eksperimen masa lalu untuk belajar dari terobosan paling awal di bidang muda. Para psikolog akan sangat familiar dengan teori-teori psikolog terkenal seperti Sigmund Freud, Albert Bandura, Ivan Pavlov, Wilhelm Wundt dan lain-lain yang membentuk ilmu tersebut.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia (HRM) adalah praktik perekrutan, penempatan, dan pengelolaan karyawan suatu organisasi. HRM sering disebut hanya sebagai sumber daya manusia (SDM). Departemen SDM suatu perusahaan atau organisasi biasanya bertanggung jawab untuk membuat, memberlakukan, dan mengawasi kebijakan yang mengatur pekerja dan hubungan organisasi dengan karyawannya. HRM adalah manajemen karyawan dengan penekanan pada karyawan sebagai aset bisnis. Dalam konteks ini, karyawan terkadang disebut sebagai sumber daya manusia. Seperti halnya aset bisnis lainnya, tujuannya adalah untuk memanfaatkan karyawan secara efektif, mengurangi risiko, dan memaksimalkan laba atas investasi

Keperawatan

Dasar-dasar keperawatan adalah memberikan perawatan pasien secara langsung dan bertindak sebagai advokat dan pendidik kesehatan bagi pasien, keluarga, dan komunitas. Perawat bekerja untuk meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, dan membantu pasien dengan penyakit. Saat merawat pasien, mereka mengamati, menilai, dan mencatat gejala, reaksi, dan kemajuan. Perawat bekerja bersama dokter dalam hal rencana perawatan dan pemeriksaan, memberikan obat, dan memantau pemulihan pasien.

Pemasaran Digital

Tugas Pemasar Digital adalah mendorong kesadaran merek dan menghasilkan prospek melalui saluran digital, dan itu berarti Pemasar Digital menghabiskan hari-hari mereka membuat, memposting, atau memperbarui konten, memantau atau menangani interaksi dan kampanye sosial, atau melakukan pekerjaan lain dalam upaya untuk mendukung saluran digital suatu perusahaan. Bergantung pada perusahaan, industri, dan senioritas suatu peran, sehari-hari dalam kehidupan Pemasar Digital sering kali mencakup mengelola kampanye pemasaran media sosial, mengerjakan pengoptimalan mesin pencari atau upaya pemasaran mesin pencari, mengawasi kampanye email, dan membuat konten untuk sebuah blog perusahaan.