*/?>

5 Tips Lolos Wawancara Beasiswa

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 18 Aug 2020
Sumber gambar : JCFS
Sumber gambar : JCFS

Biaya kuliah tidaklah murah maka tentu banyak mahasiswa yang berbondong-bondong ingin mendapatkan beasiswa. Apalagi di saat pandemi, tentu ada beberapa mahasiswa yang terpukul ekonominya karena kehilangan pendapatan sekaligus harus membayar kuota internet yang terlalu mahal.

Melihat urgensi untuk mendapatkan beasiswa, kuliahdimana.id akan memberikanmu tips lolos wawancara beasiswa! Sebelum ini, kuliahdimana.id juga pernah membagikanmu tips memilih beasiswa yang dapat kamu raih di Tips Berhasil Dapatkan Beasiswa. Pada kesempatan kali ini, yuk menjabarkan tips wawancaranya!

Persiapkan Diri

Luangkan waktu untuk berlatih menjawab beberapa pertanyaan umum yang mungkin kamu dapatkan selama wawancara. Berikut beberapa pertanyaan yang paling sering muncul:

  • Ceritakan tentang diri Anda!
  • Apa kelemahan terbesar Anda?
  • Berikan contoh saat Anda mengatasi kesulitan.
  • Di mana Anda melihat diri Anda sendiri dalam lima atau sepuluh tahun?
  • Tiga kata apa yang akan Anda gunakan untuk menggambarkan diri Anda sendiri?
  • Menurut Anda, mengapa Anda pantas mendapatkan beasiswa ini?

Tepat Waktu

Beri dirimu banyak waktu ekstra untuk menghadapi situasi tak terduga, seperti masalah lalu lintas atau parkir, untuk memastikan kalua kami tidak datang terlambat. Jika kamu terlambat, hubungi dulu dan beri tahu mereka bahwa kamu akan terlambat. Ini akan memberi penyedia beasiswa pilihan untuk menunda wawancara atau menjadwalkan ulang, jika perlu. Tidak ada gunanya datang terlambat, tetapi lebih buruk lagi melakukannya tanpa memberikan informasi keterlambatan

Berpikir Sebelum Berbicara

Penting untuk mendengarkan selama wawancara dan tidak mengantisipasi pertanyaan. Setelah pertanyaan diajukan, tanggapi dengan jelas dan ringkas. Tetap pada topik dan jangan mengoceh. Pastikan untuk melakukan kontak mata dan mengucapkannya! Di atas segalanya, jawab semua pertanyaan dengan jujur. Pewawancara dapat mengetahui saat kamu membumbui atau mengarang jawaban untuk membuat mereka terkesan.

Jadilah Diri Sendiri

Mencoba mengesankan orang asing memang bisa mengintimidasi, tetapi ada sesuatu yang harus kamu ketahui - kamu sudah membuat mereka terkesan. Jika mereka tidak melihat sesuatu yang luar biasa atau unik tentangmu, kamu tidak akan terpilih untuk wawancara. Kuncinya percaya diri, tersenyum, dan jadilah diri sendiri.

Berpakaian Rapi

Kamu perlu menunjukkan kamu adalah siswa yang serius dan merasa terhormat dinominasikan untuk beasiswa tersebut. Pastikan untuk berpakaian agar terkesan, yang berarti pakaian bisnis, seperti celana panjang dan kemeja berkerah berkancing, atau rok atau gaun selutut. Rambut harus bersih. Wawancara bukanlah waktu yang tepat untuk menunjukkan sepatu olahraga atau sandal pantai!