*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Manajemen Bisnis

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 21 Aug 2020
Sumber gambar : Enterpreneur Insight
Sumber gambar : Enterpreneur Insight

Tertarik untuk mengeyam pendidikan yang mengajarkanmu soal ekonomi atau keuangan? Atau ingin menjadi seorang pebisnis handal yang lihai bermain saham? Jika itu impianmu, maka manajemen bisnis adalah program studi yang kamu tunggu-tunggu!

Sekedar informasi, Manajemen Bisnis adalah istilah umum yang mencakup berbagai bidang bisnis, termasuk Pemasaran, Akuntansi, Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Hukum. Keberhasilan sebuah bisnis tidak hanya bergantung pada produk atau layanan yang hebat, tetapi juga membutuhkan tim kepemimpinan yang kuat. Persiapkan karir dalam bisnis dengan gelar Manajemen Bisnis dan kamu akan dibekali dengan keterampilan untuk berhasil dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini!

Jika kamu ragu untuk memilih manajemen bisnis sebagai program studi pilihan, yuk mantapkan dengan menilik alasan mengapa manajemen bisnis sangat penting dan dibutuhkan!

Membuka Usaha Bisnis

Kamu tidak hanya akan memiliki peluang karier yang luar biasa setelah lulus, tetapi kamu juga akan memiliki elemen inti untuk memulai bisnismu sendiri - yang kamu butuhkan hanyalah ide bisnis untuk memulai. Dengan mengembangkan keterampilan kewirausahaan dan mampu menguji peluncuran ide bisnis apa pun yang mungkin kamu miliki, gelar manajemen bisnis menempatkanmu pada jalur untuk menjadi bos bagi dirimu sendiri – kamu bahkan dapat bertemu dengan mitra bisnis masa depanmu di universitas.

Selalu diminati

Meskipun tidak ada program studi yang dapat menjamin lulusannya mendapatkan pekerjaan, lulusan Manajemen Bisnis dapat meninggalkan universitas dengan mengetahui bahwa selama ada bisnis, akan ada kebutuhan akan manajer. Peran manajemen hadir di setiap sektor perdagangan di bumi ini, dari bisnis lokal kecil hingga perusahaan internasional besar. Kamu akan lulus dengan dasar-dasar yang diperlukan untuk peran ini, tidak peduli di mana minat bisnismu di masa depan.

Investasi & keuangan: Pelajari apa yang membuat dunia berputar

Untuk banyak pembelian besar — membeli rumah atau mobil,— Kamu mungkin melihat pinjaman finansial sebagai pilihan. Bagaimana kamu memutuskan kapan untuk meminjam? Atau kamu mungkin mencapai suatu titik dalam hidup ketika kamu ingin berinvestasi di saham, obligasi, atau real estat. Apa yang harus kamu investasikan dan faktor apa yang harus Anda pertimbangkan? Memilih gelar bisnis akan memberimu pemahaman yang baik tentang prinsip-prinsip ekonomi dasar, bagaimana pasar dipengaruhi oleh peristiwa dunia, dan bagaimana menilai kesehatan keuangan perusahaan. Jika digabungkan, ini dapat membantumu membuat keputusan investasi yang lebih tepat!

Peluang Jaringan

Keuntungan lain dari mempelajari manajemen bisnis adalah bahwa hal itu menghadapkanmu pada peluang jaringan dengan para profesional bisnis, profesor, dan rekan yang berpikiran sama. Ini dapat membuka kemungkinan baru untuk kemitraan dan pendampingan. Seorang pemilik usaha kecil yang dapat meminta nasihat dari seorang profesor memiliki keunggulan dibandingkan pengusaha lain yang tidak bisa mendapatkan nasihat ahli yang ramah. Rekan kerjamu selama sekolah akan berada dalam bisnis, sepertimu, dan dapat saling berpaling tentang sesuatu yang mereka alami dalam bisnis mereka, bertukar ide, dan bahkan saling menawarkan penawaran bisnis.

Pemasaran 101: Kenali audiens

Guru berbagi ide untuk menginspirasi siswa, politisi menjalankan kampanye untuk mendapatkan dukungan, pelamar kerja harus menjual keahlian mereka untuk mendapatkan posisi tertentu. Membuat ide (atau aplikasi) menonjol bukanlah tugas yang mudah, tetapi mengikuti kelas pemasaran dapat mengajarimu untuk memahami audiens dan bagaimana kamu dapat menarik mereka secara kreatif. Ini akan sangat membantumu ketika mencoba mendapatkan dukungan dari rekan kerja, kolega, atau investormu ketika membuka bisnis!