*/?>

10 Perguruan Tinggi Sastra Jepang Terfavorit 2020

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 23 Nov 2020
Sumber gambar : bbc
Sumber gambar : bbc

Dari novel berusia ribuan tahun hingga haiku tiga baris, sastra Jepang sering kali masih memilukan seperti saat ia ditulis. Namun sebagai salah satu negara adidaya ekonomi saat ini, budaya Jepang berubah dengan cepat. Pengusaha yang melaju cepat bekerja di kereta peluru membaca bentuk sastra baru seperti buku komik manga. Sebagai jurusan bahasa Jepang, kamu tidak hanya akan menemukan karya sastra kuno; kamu akan belajar bagaimana berfungsi di berbagai tingkatan dalam masyarakat Jepang saat ini!

Sastra Jepang mencakup semua aspek linguistik karena berkaitan dengan bahasa Jepang — mulai dari masalah fonetik, fonologi, dan sintaksis hingga sosiolinguistik, sejarah bahasa Jepang dan pengajarannya sebagai bahasa asing. Jurusan sastra Jepang memberi mahasiswa dasar yang kuat untuk mengembangkan minat dalam bahasa Jepang, penggunaannya, dan strukturnya. Jurusan sastra Jepang dirancang untuk melengkapi jurusan bahasa Jepang. Pengetahuan tentang bahasa Jepang diperlukan untuk beberapa tetapi tidak semua kelas di jurusan sastra Jepang. Mahasiswa diharapkan menguasai bahasa Jepang untuk dapat menyelesaikan jurusan tersebut.

Jurusan Sastra Jepang memungkinkan mahasiswa untuk menggabungkan studi bahasa manusia dari berbagai perspektif dengan studi bahasa, sastra, dan budaya Jepang. Dalam kelas linguistik mereka, mahasiswa mengeksplorasi struktur formal bahasa (sound system, struktur internal kata, organisasi sintaksis, dan representasi makna) serta bahasa universal, variabilitas antar bahasa, dimensi sosial penggunaan bahasa, dan perubahan bahasa historis. Pada saat yang sama, mahasiswanya akan mencapai kemahiran dalam bahasa Jepang (membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan) dan mendapatkan apresiasi dan pemahaman kritis tentang tradisi, praktik, genre, dan karya hebat budaya dan sastra Jepang. Mengintegrasikan dua komponen mata kuliah gabungan, kursus dalam linguistik Jepang berfokus pada perkembangan historis bahasa Jepang atau pada karakteristik pembeda dalam kaitannya dengan bahasa lain.

Ingin bergabung? Berikut 10 perguruan tinggi jurusan sastra Jepang berdasarkan perhitungan data kuliahdimana.id:

  1. Universitas Diponegoro > 583 peminat
  2. Universitas Pendidikan Indonesia > 544 peminat
  3. Universitas Brawijaya > 511 peminat
  4. Universitas Negeri Semarang peminat> 355 peminat
  5. Universitas Negeri Surabaya > 304 peminat
  6. Universitas Udayana > 296 peminat
  7. Universitas Andalas > 277 peminat
  8. Universitas Sumatera Utara > 263 peminat
  9. Universitas Airlangga > 257 peminat
  10. Universitas Hasanuddin > 194 peminat