*/?>

Ayo Buruan Daftar Akselerasi Start-Up Mahasiswa Indonesia 2021!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 03 Mar 2021
Sumber gambar : Mendikbud
Sumber gambar : Mendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Direktorat Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) terus berupaya mengembangkan dan memperbanyak jumlah mahasiswa wirausaha melalui Program Kewirausahaan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Salah satu program unggulan kewirausahaan tersebut adalah Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) yang mulai dijalankan sejak tahun 2019!

Program Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia diharapkan dapat mengakselerasi startup mahasiswa Indonesia terbaik untuk berkembang menjadi startup global. Bentuk kegiatan yang akan dilakukan meliputi kegiatan workshop, pendampingan dan Student Startup Accelerator Camp (SSAC). Program ini akan dilaksanakan bekerjasama dengan perusahaan digital teknologi dan pusat-pusat inkubator bisnis terpilih di dalam negeri. Program ini dapat diikuti oleh mahasiswa aktif dari perguruan tinggi tingkat sarjana (program akademik) di Indonesia yang telah memiliki startup yang berjalan selama minimal 1 (satu) tahun. 

Keuntungannya? ASMI akan membina startup milik mahasiswa yang terpilih dan akan memberikan startup fund sebesar Rp25.000.000.

Ingin bergabung dengan ASMI? Berikut persyaratannya!

  1. Calon penerima adalah mahasiswa aktif jenjang sarjana yang terdaftar di PDDIKTI pada saat pengusulan oleh Perguruan Tinggi. Tidak sedang menerima pendanaan program Kewirausahaan Kemendikbud seperti KBMI atau KIBM.
  2. Memiliki startup berbasis teknologi digital minimal 1 tahun dan telah memiliki web apps atau mobile apps yang sudah berjalan (contoh bukti dalam bentuk: sudah memiliki traksi, bisa diunduh dan lainnya).
  3. Mengirimkan Pitch Deck Startup Business dalam Bahasa Inggris sesuai format yang disediakan.

Format Pitch Desk:

  • Goal & Big Vision: Produk, dampaknya terhadap masyarakat, potensi pengembangan, viability dan kemampuan tim mengeksekusi rencana
  • Problem: Pain & Gain customer dan solusi saat ini yang belum menyelesaikan permasalahan.
  • Solution: Value produk anda yang menyelesaikan permasalahan
  • Market Size/Dynamics: Potensi pasar dari produk / teknologi yang ditawarkan
  • Competition: Kompetitor langsung dan tak langsung, bagaimana startup bisa bersaing dengan kompetitior serta perbedaan dengan kompetitor
  • Product: Snapshot produk / startup dan bagaimana startup mengatasi permasalahan dengan menggunakan teknologi dan (menyertakan tautan web atau mobile apps).
  • Business Model: Model bisnis startup, bagaimana bisa mendapatkan revenue, rencana jangka pendek dan panjang
  • Financial Snapshot: Proyeksi keuangan saat ini hingga 3 tahun ke depan, bisa berupa pendapatan, profit, atau key metrics (conversion rates)
  • Team : Tim dan keahlian setiap personelnya

(Apply ASMI 2021)

Catatan : ASMI 2021 akan ditutup pada 28 Maret 2021. Jangan lupa siapkan pitch deck sesuai format yang disediakan bersama lembar pengesahan dari perguruan tinggi!