*/?>

Langkah Pendaftaran UTBK 2021 Bagi Siswa Tuna Netra/Daksa

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 19 Mar 2021
Sumber foto : Ozobot
Sumber foto : Ozobot

Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 terbuka bagi semua. Tak terkecuali mereka yang Tuna Netra dan Tuna Daksa. Apakah kamu mengenal siswa Tuna Netra atau Tuna Daksa yang ingin mengikuti UTBK-SBMPTN 2021? Jika iya, perlu lah kamu sampaikan informasi ini bagi keberhasilan pendaftaran UTBK mereka!

Terdapat beberapa langkah spesifik yang perlu mereka lakukan agar kebutuhan khususnya dapat terlayani dengan baik. Nah, apa saja sih yang perlu diperhatikan? Simak informasinya di bawah!

  1. Gunakan fiture private windows di Mozilla Firefox untuk menjaga keamanan data pribadi
  2. Masukkan alamat pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 di portal.ltmpt.ac.id
  3. Masukkan email dan password yang sudah permanen di LTMPT
  4. Klik 'Pendaftaran UTBK - SBMPTN'
  5. Jika kamu pendaftar dengan KIP-KULIAH, pastikan nomor pendaftaranmu sudah tertera di halaman data pribadimu (jika belum dapat hubungi kip-kuliah.kemdikbud.go.id)
  6. Isi data keluarga
  7. Jika Tuna Netra, pastikan centang Tuna Netra/Buta di kolom kebutuhan khusus. Jika tidak, maka akan ditempatkan di ruang tanpa fasilitas unttuk menunjang kebutuhan khusus.
    • Bagi yang Tuna Netra agar mendapat menyeratakan Surat Pernyataan yang di tanda-tangani dan distempel basah oleh Kepala Sekolah siswa (dengan materai Rp. 1000,-) (Lihat nomor 10)
    • Bagi yang tidak Tuna Netra namun berbohong, maka akan langsung didiskualifikasi UTBK-SBMPTN 2021
  8. Jika Tuna Daksa, pastikan centang Tuna Daksa/Lumpuh di kolom kebutuhan khusus. Jika tidak, maka akan ditempatkan di ruang tanpa fasilitas unttuk menunjang kebutuhan khusus.
  9. Klik Simpan
  10. Template Surat Pernyataan akan muncul di pilihan setelah klik 'Simpan'. Lalu, Unduh.
    • Surat pernyataan berisi nama, TTL, NISN, Sekolah, NPSN
    • Agar dicetak sesuai template dan diisi terlebih dahulu dengan pulpen > PENTING: Diberi nama lengkap, ditanda-tangani dan distempel basah oleh Kepala Sekolah siswa (dengan materai Rp. 1000,-)
    • Kemudian, dijadikan PDF dengan ukuran maksimal 300MB
  11. File Surat Pernyataan yang sudah benar dapat diunggah dengan klik 'Browse'
  12. Klik 'Simpan dan Lanjutkan'
  13. Centang di bagian paling bawah 'Konfirmasi dan Simpan Permanen'
  14. Klik 'Simpan Permanen'

Nah, ketika sudah melakukan 14 tahap di atas, siswa dapat lanjut ke proses pilih program studi! Selamat Mendaftar dan pantang menyerah!