*/?>

10 Jurusan yang Hanya Ada 1 Di Indonesia

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 23 Apr 2021
Sumber gambar : Education One
Sumber gambar : Education One

Kedokteran dan Manajemen Bisnis sudah tidak asing di telinga kita. Dari tahun ke tahun, ribuan calon mahasiswa berlomba-lomba masuk ke dua jurusan populer tersebut. Tapi, tahukah kamu? Ada beberapa jurusan yang masih asing di masyarakat umum dan hanya ada 1 saja jumlahnya di Indonesia? Yuk intip 10 jurusan yang unik dan 'sangat eksklusif' ini!

Jurusan Universitas Deskripsi
Astronomi Institut Teknologi Bandung Membahas ilmu alam yang mempelajari benda dan fenomena langit. Ia menggunakan matematika, fisika, dan kimia untuk menjelaskan asal usul dan evolusinya.
Ilmu Keluarga dan Konsumen Institut Pertanian Bogor Membahas tentang penigkatan ketahanan keluarga, kualitas perlindungan anak, hingga pemberdayaan keluarga.
Sastra Belanda Universitas Indonesia Membahas tentang sejarah, sastra, lingusitik dan bahasa Belanda
Teknik Nuklir Universitas Gadjah Mada Membahas tentang penerapan pemecahan inti atom (fisi) atau penggabungan inti atom (fusi), atau dengan penerapan proses sub-atom lainnya berdasarkan prinsip fisika nuklir.
Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Universitas Airlangga Membahas tentang robot dan bebagai macam bentuk artificial intelligence (AI)
Sains Atmosfer dan Keplanetan Institut Teknologi Sumatera Membahas cabang sains yang fokusnya tentang atmosfer dan planet-planet di tata surya secara mendalam.
Teknik Transportasi Laut Institut Teknologi Sepuluh Nopember Membahas tentang ilmu logistik di skala maritim global, pelayaran sampai hal-hal berkaitan dengan pelabuhan. 
Teknologi Batik  Universitas Pekalongan Membahas tentang batik; dari filosofi, cara buat hingga menjadi produk berupa kain batik yang berkualitas.
Rekayasa Nanoteknologi Universitas Airlangga Membahas cabang sains yang berhubungan dengan partikel kecil berukuran nano
Manajemen Industri Katering Universitas Pendidikan Indonesia Membahas dunia bisnis katering dan hal-hal berkaitan dengan kegiatan operasional dunia kuliner.

Apa kamu baru tahu atau kamu sudah mendaftarkan diri di jurusan unik di atas?