*/?>

5 Perguruan Tinggi Jurusan Cyber Security di Indonesia

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 25 May 2021
Sumber gambar : information age
Sumber gambar : information age

Hidup di era digital berarti peretas dan teroris siber memiliki peluang tak terbatas untuk mengeksploitasi individu, lembaga pemerintah, dan bahkan perusahaan besar. Untuk bertahan dari serangan dunia maya dan pelanggaran keamanan, organisasi teratas bersedia membayar banyak untuk analis dunia maya yang dapat melindungi data mereka dan menghapus kerentanan. Gerbang terdekatnya? Program studi Cyber Security.

Program studi Cyber Security berfokus pada jaminan keamanan dunia maya dan pertahanan dunia maya. Struktur mata kuliah programnya memungkinkan mahasiswa memperoleh konsep dan pengalaman praktis yang berharga dalam melakukan uji penetrasi dan juga menerapkan pengetahuan dalam membangun arsitektur dan teknologi pertahanan siber. Program studi Cyber Security memiliki dasar yang kuat dalam mata pelajaran dasar ilmu komputer serta menawarkan pemikiran teoritis dan kritis di balik teknologi siber saat ini. Mahasiswanya akan belajar dalam lingkungan berorientasi proyek yang mendorong kolaborasi dengan industri dan pemerintah serta membantu mereka menemukan tantangan ancaman dunia maya dan membangun pertahanan sistem.

Di Indonesia sendiri, belum banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan Cyber Security. Hanya ada 5 perguruan tinggi yang membuka program studi Cyber Security, biasanya di level S2, di Indonesia! Berikut daftarnya: 

  1. Universitas Tanjungpura
  2. Universitas Bina Nusantara
  3. Institut Teknologi Bandung
  4. Universitas Telkom Bandung
  5. Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Khusus Institut Pemerintahan Dalam Negeri, kamu akan diajarkan langsung di bawah perguruan tinggi naungan Kementerian Dalam Negeri. Sisanya merupakan perguruan tinggi swasta dan negeri. Setelah lulus, kamu akan dapat berprofesi sebagai: Penetration Tester, Secure Software Developer, Network Security Administrator, Information Security Analyst, Computer Security Architect, Cyber Intelligence Officer atau Academician in cyber security (Lecturer, Trainer, Researcher).

Berminat?