*/?>

Politeknik Tempo Buka 3 Program Studi di Tahun Pertamanya

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 02 Jun 2021
Sumber foto : tempo.co
Sumber foto : tempo.co

Menyusul diterimanya izin pendirian Politeknik Tempo pada Selasa, 27 April 2021, kini perusahaan media Tempo Inti Media Tbk yang sudah berkecimpung sejak jaman kepemimpinan Presiden Soeharto ini siap menerima calon sarjana terapan D4 di bidang produksi media, marketing internasional, dan desain media.

Untuk proses belajar mengajar politeknik yang kental akan praktek, Politeknik Tempo nantinya akan memadukan pendidikan yang diajarkan oleh akademisi murni yang berpengalaman di bidangnya, dan dari karyawan Tempo pendidikan S2 yang memang sudah cukup lama bekerja langsung di bidang mereka masing-masing. "Kelebihan kita memang di prakteknya. Kemudian nanti untuk penulisan berita juga nanti otomatis dilibatkan di proses penulisan berita di Tempo," kata Nur Hidayat, salah satu pengajar di Tempo Politeknik, dikutip dari tempo.co, 27 April 2021.

Selama masa studi, mahasiswanya akan mendapatkan tugas-tugas dari wartawan Tempo langsung, sampai kesempatan magang di redaksi Tempo. Kesempatan ini tentunya membedakan Politeknik Tempo dari politeknik lain yang biasanya mengirim keluar mahasiswanya saat magang. Di Politeknik Tempo, mahasiswa dapat memilih magang 'ke dalam'. Misal ke Koran Tempo, Majalah Tempo, Tempo.co, Tempo Institute, Tempo Data Science, Matair, dan Impresario.

Ketua LLDikti III Agus Setyabudi berharap bahwa Politeknik Tempo ini nantinya mampu memberi warna bagi pendidikan tinggi di Indonesia. Politeknik Tempo diharapkan dapat bahu-membahu dengan perguruan tinggi dalam negeri untuk memajukan pendidikan di tanah air mengetahui persaingan pendidikan dengan institusi pendidikan luar negeri cukup besar.

Targetnya pada tahun ajaran pertama, setidaknya politeknik di bawah Yayasan Rumah Edukasi Tempo yang dikelola Tempo Media Group, penerbit Koran Tempo, majalah Tempo, website Tempo.co, dan beberapa perusahaan lainnya ini, akan menerima 240 calon mahasiswa baru di tahun pertamanya. Dua kelas sebagai opsi awal dapat ditambah menjadi tiga kelas jika peminat cukup banyak. 

Ke depannya, Politeknik Tempo juga akan membuka jenjang pendidikan terapan lebih tinggi "Untuk tahun pertama Politeknik Tempo akan meluluskan sarjana terapan. Namun dalam perkembangannya nanti akan dibuka program S2 dan S3 terapan," kata Ketua Yayasan Rumah Edukasi, Herry Hernawan.