*/?>

Mahasiswa, Cek 12 Sektor Dengan Peningkatan Gaji Fantastis 2021 Ini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 08 Sep 2021
Sumber gambar : the economic times
Sumber gambar : the economic times

Masuk perguruan tinggi, selain karena motivasi diri atas bidang yang disukai, juga harus merupakan strategi agar mudah mencari pekerjaan di sektor yang paling subur penghasilannya. Begitu pula jika kamu sudah lulus dan hendak mencari kerja, memetakan sektor industri apa yang akan membawamu pada kesuksesan adalah penting. Dan melihat pentingnya seorang mahasiswa dan lulusan barunya untuk memahami lanskap sektor industri, berikut 12 sektor industri dengan peningkatan gaji paling tinggi di 2021!

Dilansir dari Talent Trends 2021 Report: The Indonesia Salary Guide oleh Michael Page, di Indonesia, terdapat 12 sektor dengan rata-rata kenaikan gaji signifikan pada tahun 2021. Tertinggi di angka 23% sampai yang terendah 8%, ini dia sektor industri yang dimaksud; yang harus kamu coba selami agar makin sukses!

Hukum

Sektor hukum diperkirakan mengalami rata-rata kenaikan gaji 23% pada tahun 2021, menempatkannya pada peringkat 1. Jika didefinisikan, hukum sebagai sebuah sektor adalah disiplin dan profesi yang berkaitan dengan kebiasaan, praktik, dan aturan perilaku suatu komunitas yang diakui mengikat oleh komunitas tersebut. Penegakan badan hukum dilakukan melalui otoritas dan undang-undang yang mengikatnya. 
Kesehatan

Siapa yang tak menyangka sektor kesehatan juga menempati posisi 1 karena urgensinya di masa pandemi covid-19 ini? Berada di angka 23%, sektor kesehatan menyejajarkan diri dengan sektor hukum. Lalu, seperti yang kita tahu, sektor kesehatan adalah sektor yang memastikan pemeliharaan atau peningkatan kesehatan melalui pencegahan, diagnosis, pengobatan, pemulihan, atau penyembuhan penyakit, cedera, dan gangguan fisik dan mental lainnya. Sektor ini mencakup perawatan primer, perawatan sekunder, dan perawatan tersier, serta dalam kesehatan masyarakat secara umum.

Perbankan

Secara garis besar, sektor perbankan adalah industri dan bagian dari ekonomi yang dikhususkan untuk memegang aset keuangan untuk orang lain dan menginvestasikan aset keuangan tersebut sebagai cara untuk menciptakan lebih banyak kekayaan. Pada tahun 2021, sektor perbankan diperkirakan mengalami kenaikan rata-rata gaji sampai 20%, menjadikan sektor perbankan bertahan di peringkat 2 untuk tahun 2021 sebagai sektor dengan kenaikan gaji rata-rata tertinggi ke-dua di Indonesia.

Manufaktur

Manufaktur berkaitan dengan produksi barang melalui penggunaan tenaga kerja, mesin, peralatan, dan pemrosesan atau formulasi kimia atau biologi; ia adalah inti dari sektor sekunder ekonomi. Istilah manufaktur juga dapat merujuk pada berbagai aktivitas manusia, dari kerajinan tangan hingga teknologi tinggi, tetapi paling sering diterapkan pada desain industri, di mana bahan mentah dari sektor primer diubah menjadi barang jadi dalam skala besar. Lalu singgungannya dengan kebutuhan masyarakat yang tinggi menjadikan sektor ini masuk peringkat 3 di angka 18% rata-rata kenaikan gaji pada 2021.

Properti

Masuk pada peringkat 4, terdapat sektor properti dengan rata-rata kenaikan gaji pada angka 15% tahun ini. Bagi yang belum tahu, properti adalah istilah yang menggambarkan apa pun yang dimiliki seseorang atau bisnis secara hukum, yang memberi pemilik hak tertentu yang dapat ditegakkan atas barang-barang tersebut. Sebagian besar properti memiliki nilai moneter dan karena itu dianggap sebagai aset.

Ritel

Ritel, menurut definisi, adalah penjualan barang atau jasa dari bisnis ke konsumen secara eceran. Transaksi eceran menangani barang dalam jumlah kecil dan biasanya, pengecer tidak memproduksi barang mereka sendiri. Mereka membeli barang dari produsen atau grosir dan menjual barang-barang ini kepada konsumen kembali. Meskipun terdengar biasa saja, sektor ritel menempati peringkat 4, berbarengan dengan sektor properti, yaitu di angka kenaikan rata-rata gaji 15% pada tahun 2021.

Transportasi

Masih di peringkat 4, yaitu yang angka kenaikan gajinya 15% tahun 2021, terdapat sektor transportasi. Jika dijabarkan, terdapat beberapa industri yang termasuk sektor transportasi termasuk angkutan udara dan logistik, maskapai penerbangan, kelautan, jalan dan kereta api, dan infrastruktur transportasi. Industri-industri ini selanjutnya dipecah menjadi sub-industri angkutan udara dan logistik, maskapai penerbangan, kelautan, rel kereta api, truk, jasa bandara, jalan raya dan rel kereta api, dan pelabuhan dan jasa laut.

Fast Moving Consumer Goods 

Di peringkat 5 dengan rata-rata kenaikan gaji 13%, muncul istilah Fast Moving Consumer Goods (FMCG); merupakan barang-barang atau produk yang sering dibeli dan digunakan oleh konsumen. Misalnya gula, perlengkapan mandi (pasta gigi, tissue, kertas, sampo, sabun, dan sikat gigi), minuman (baik yang beralkohol maupun non-alkohol), rokok, koran, dan majalah; biasanya merupakan sektor dengan perputaran omset cepat dan biaya produksi rendah. 

Teknologi

Sektor teknologi adalah sektor yang berkaitan langsung dengan penelitian, pengembangan, atau distribusi barang dan jasa berbasis teknologi. Sektor ini berisi bisnis yang berputar di sekitar manufaktur elektronik, pembuatan perangkat lunak, komputer, atau produk dan layanan yang berkaitan dengan teknologi informasi. Di Indonesia, kenaikan gaji rata-rata untuk sektor teknologi berada di angka 13% pada tahun ini sehingga berada di peringkat 5.

Sumber Daya Alam & Energi

Istilah sumber daya alam yang dimaksud mengacu pada setiap kualitas atau substansi yang dihargai oleh manusia karena memiliki kemampuan untuk memenuhi suatu kebutuhan atau keinginan. Dari segi energi, bahan bakar primer seperti batu bara, minyak bumi, gas alam, dan uranium merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan. Pada sektor ini, kenaikan rata-rata gajinya mencapai 12%, yaitu masuk di peringkat 6

E-commerce

Di peringkat 7 terdapat E-commerce dengan rata-rata kenaikan gaji sampai 9% pada tahun 2021. E-commerce sendiri adalah sebuah sektor yang berputar pada pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui internet, lalu transfer uang dan data untuk menyelesaikan penjualan. Kegiatan ini juga dikenal sebagai perdagangan elektronik atau perdagangan internet.

Professional Services

Pada dasarnya, layanan profesional melibatkan berbagai pekerjaan berbeda yang memberikan dukungan kepada bisnis dalam bentuk nasihat atau melakukan peran tersier. Membantu klien mengelola, mendukung, dan mengembangkan bisnis mereka mencakup beragam bidang. Penyedia layanan profesional dapat ditemukan di sejumlah subsektor publik dan swasta. Menariknya, layanan profesional menempati posisi 8 dengan rata-rata kenaikan gaji 8%.