*/?>

4 Strategi Menghafal Lebih Cepat

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 20 Sep 2021
Sumber gambar : Flight School
Sumber gambar : Flight School

Sebagai seorang mahasiswa, belajar teori adalah suatu kewajiban. Tak peduli seribu lembar sehari, kalau itu yang dosen mau dan kalau itu memang yang diharuskan di silabus, kamu harus bisa. Memang sih, tak ada salahnya lupa namun juga tak ada salahnya berusaha menjadi 'Ace' kelas. Dan jika tujuannya adalah menjadi seorang 'Ace' kelas yang IPK-nya mencapai 3.5 ke atas, yuk intip dulu 4 strategi menghafal lebih cepat untuk lulus tiap kelas dengan mudah!

Koneksi

Hubungkan informasi yang kamu coba hafalkan dengan sesuatu yang sudah kamu ketahui sebelumnya. Materi yang terisolasi lebih sulit untuk diingat daripada materi yang dihubungkan dengan konsep lain. Misal, Cobalah mengingat fakta bahwa air di permukaan laut mendidih pada 212 derajat Fahrenheit, dan 212 kebetulan merupakan tiga digit pertama dari nomor telepon sahabatmu. Hubungkan keduanya dengan membayangkan melemparkan ponselmu ke lautan yang mendidih. Ini adalah koneksi informasi yang gila, tetapi dapat membantu informasi itu tetap ada dalam ingatanmu!

Rekam

Gunakan tape recorder untuk melacak semua informasi yang kamu peroleh lalu dengarkanlah. Jika kamu melakukan sesuatu yang lebih rumit, seperti belajar bahasa asing, mungkin berguna untuk membuat kartu catatan dari kata-kata baru yang ingin kamu hafal. Jika kamu mencoba menghafal sebuah pidato, rekam dirimu saat mencoba membaca pidato tersebut dengan keras dan dengarkan bagaimana kamu berbicara. Jelas, ini sangat membantu bagi pelajar auditori, tetapi juga berguna karena memastikan bahwa kamu mendapatkan lebih banyak konteks dari kuliah yang akan membantumu mempelajari informasi lebih cepat.

Kuis

Pastikan untuk melakukan kuis sendiri secara aktif—jangan hanya membaca ulang catatan atau buku teks. Seringkali, mahasiswa berpikir bahwa mereka mengingat materi hanya karena mereka familiar ketika mereka membacanya kembali. Sebaliknya, ajukan pertanyaan pada diri sendiri dan paksa dirimu untuk mengingatnya tanpa melihat jawaban atau materinya. Kamu kemudian dapat kembali ke salah satu trik memori untuk membantumu menghafalnya. Juga, hindari menanyai diri sendiri segera setelah mencoba menghafal sesuatu. Tunggu beberapa jam, atau bahkan satu atau dua hari, untuk melihat apakah itu benar-benar melekat dalam ingatanmu.

Interleaving

Interleaving adalah ide mencampur bergantian keterampilan atau konsep yang ingin kamu hafal. Misalnya, luangkan waktu untuk menghafal kata-kata kosakata untuk kelas sainsmu dan kemudian segera beralih ke mempelajari tanggal dan nama sejarah untuk kelas sejarahmu. Ikuti itu dengan berlatih beberapa soal matematika, dan kemudian kembali ke definisi sains. Metode ini mungkin tampak membingungkan pada awalnya, tetapi pada akhirnya menghasilkan hasil yang lebih baik daripada hanya menghabiskan waktu yang lama untuk konsep yang sama!