*/?>

Jurusan Kuliah Paling Mudah? Cek di Sini Daftarnya!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 13 Oct 2021
Sumber gambar : university HQ
Sumber gambar : university HQ

Untuk calon mahasiswa baru, memilih jurusan bisa sangat melelahkan. Itu karena bidang studi yang akan mereka pilih memiliki konsekuensi yang berarti bagi kehidupan mereka di masa depan. Memilih jurusan yang tepat dapat membuka pintu untuk pekerjaan menarik yang membayar upah layak. Di sisi lain, memilih jurusan yang salah dapat mengakibatkan ketidakbahagiaan selama bertahun-tahun jika pekerjaan terkait tidak menarik, memakan terlalu banyak waktu, atau 'tidak membayar' dengan baik.

Mau tahu daftar jurusan termudah 2021 yang bisa berdampak baik bari karir di masa depan? Berikut 5 di antaranya berdasarkan tiga faktor: IPK, jam belajar mingguan, dan laba atas investasi versi college vine!

#5 Psikologi

Hanya dalam seratus tahun terakhir kita mulai mengukur, menganalisis, dan mengevaluasi perilaku manusia secara objektif. Jurusan psikologi mempelajari kemajuan yang telah kita buat sejauh ini dan berpartisipasi dalam penelitian ilmu sosial untuk membuat penemuan lebih lanjut di bidangnya. Mahasiswa psikologi biasanya memiliki IPK tinggi dibandingkan dengan rekan-rekan mereka; tanpa beban pekerjaan rumah mingguan menggunung. Tapi, prospek pekerjaan yang lulus dari psikologi S1 saja tidak cukup. Mahasiswa yang bersedia untuk mengejar gelar Ph.D. dapat menjadi profesor dan peneliti laboratorium dalam bidang yang mereka minati.

#4 Ekonomi

Jurusan ekonomi menghabiskan cukup banyak waktu belajar relatif sama dengan  jurusan perguruan tinggi lainnya. Namun, ketika mereka lulus, potensi penghasilan mereka sangat tinggi. Jika kamu mencari bidang yang memungkinkanmu bekerja keras tetapi tidak terlalu keras sambil tetap membawa pulang gaji yang besat, Ekonomi adalah bidang yang bagus untuk dipertimbangkan. Keuntungan lainnya? Ekonomi memperkuat penalaran kuantitatif para mahasiswanya dengan memperkenalkan mereka ke berbagai dunia nyata, masalah keuangan praktis yang dapat diamati di masyarakat luas.

#3 Jurnalisme

Mahasiswa jurusan jurnalisme memiliki IPK rata-rata yang relatif tinggi dibandingkan dengan rekan-rekan mereka di jurusan lainnya. Mereka juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk belajar. Meskipun demikian, sulit untuk mendapatkan posisi penuh waktu sebagai jurnalis; pelamar terkuat untuk posisi jurnalisme biasanya telah menghabiskan bertahun-tahun bekerja untuk publikasi lokal, regional, dan nasional sebelum melamar pekerjaan penuh waktu pertama mereka. Jadi, pertimbangkan jurnalisme jika kamu tidak ingin memiliki beban kursus kelas yang sibuk. Jurnalisme itu soal latihan praktik!

# 2PR & Periklanan

Mahasiswa di jurusan ini akan belajar mengintegrasikan pemahaman mereka tentang pikiran manusia dengan tujuan bisnis perusahaan. Mereka akan belajar membantu membentuk sikap seputar produk, inisiatif, atau ide. Mahasiswa yang lulus dengan gelar di bidang ini sering kali mendapatkan pekerjaan dengan cepat karena perusahaan selalu mencari orang yang memiliki bakat untuk berhubungan dengan konsumen dengan tepat. Tidak ada sekolah pascasarjana yang diperlukan untuk membangun karir yang memuaskan di industri ini.

#1 Administrasi Bisnis

Administrasi bisnis mendapat peringkat sebagai jurusan perguruan tinggi termudah #1 karena memiliki trio sempurna dari beban pekerjaan rumah mingguan yang rendah, IPK rata-rata tinggi, dan ROI yang bagus. Jika kamu memiliki ketajaman bisnis yang kuat, kemahiran mengolah angka, dan keinginan untuk bekerja dengan orang-orang, jurusan administrasi bisnis bisa menjadi jurusan yang sangat cocok untukmu. Ingat, hanya karena mudah untuk berhasil di jurusan ini tidak berarti kamu hanya akan masuk ke kelas yang mudah; belajarlah dengan giat!