*/?>

Mahasiswa, Intip 7 Website Untuk Cari Buku Referensi Skripsi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 22 Oct 2021
Sumber gambar : e-learning industry
Sumber gambar : e-learning industry

Tahap terakhir kelulusan bagi banyak mahasiswa adalah skripsi. Skripsi ini sendiri bukan perkara mudah karena apa yang kita tulis harus berdasarkan sumber buku yang jelas sebagai referensi. Soal buku, sebenarnya sih mudah saja sebelum masa pandemi. Perpustakaan kampus pasti buka, ada juga perpustakaan kota yang bisa dimanfaatkan. Nyatanya, di tengah pandemi covid-19, akses pada tempat-tempat penting ini dibatasi; bahkan ada yang sampai ditutup.

Lalu bagaimana cara kita mendapatkan referensi yang bisa diterima kalau semua sumber buku fisik sangat terbatas adanya? Internet. Yup, internet mengumpulkan segala jawaban atas kegundahan akibat skripsi ini dengan mudahnya; kita tinggal harus tahu keyword apa yang cocok untuk mulai mencari buku sumber referensi yang tepat. Nah, untuk membantu proses pencarian buku-mu makin cepat, berikut 7 website yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari buku refensi skripsi!

Library Genesis

Library Genesis adalah mesin pencari dan perpustakaan digital kelas dunia yang memungkinkan akses gratis ke lebih dari 2 juta buku, artikel, makalah, dan jurnal tentang berbagai topik, terutama ilmiah, akademik, dan dalam proporsi fiksi yang lebih kecil. Library Genesis memiliki konten gratis dalam PDF, EPUB, MOBI, DJVU, dll. Kamu dapat dengan mudah menemukan dan mengunduh e-book PDF dari situs web ini secara gratis dan cepat lalu mencetaknya menjadi buku pegangan.

BookFi

BookFi adalah salah satu cermin dari Library Genesis. Menyediakan lebih dari 2230000 buku, hampir menandingi jumlah buku yang dipublikasi di Library Genesis, Bookfi adalah salah satu perpustakaan online multibahasa paling populer di dunia. Ketika kamu menemukan e-book favoritmu di BookFi, kamu akan dapat membacanya secara online atau mengunduhnya ke perangkat lokal device-mu sebagai format PDF.

ScienceDirect

Dibangun di atas berbagai penelitian berkualitas tinggi, kredibel, dan interdisipliner, ScienceDirect adalah platform terkemuka literatur peer-review yang dapat membantumu mendapatkan wawasan mendalam untuk penelitian. Sama seperti Library Genesis, ScienceDirect membantu peneliti menemukan jawaban dari sains dasar hingga penelitian baru dan inovatif. Ada lebih dari 16 juta artikel dan ribuan e-book dan jurnal di database mereka, beberapa di antaranya dapat diunduh sebagai e-book PDF.

Bookboon

Dengan lebih dari 75 juta unduhan gratis e-book dan buku teks setiap tahun, Bookboon adalah penerbit e-book terbesar di dunia. Bookboon telah difokuskan pada dua bidang utama - buku teks untuk siswa dan e-book bisnis. Ada lebih dari seribu PDF buku teks di sini, yang semuanya ditulis secara eksklusif oleh profesor dari universitas top dunia. PDF buku teks ini semuanya gratis untuk diunduh siswa. E-book bisnis di Bookboon biasanya membahas soft skill dan pengembangan pribadi, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bisnis dan kualitas profesional pembaca. Beberapa e-book bisnis hanya tersedia untuk langganan premium.

PDF Drive

Dengan lebih dari 90 juta e-book dalam database, PDF Drive adalah mesin pencari untuk buku PDF gratis, majalah, komik, artikel, dan banyak lagi. Kamu dapat mencari, melihat pratinjau, dan mengunduh e-book PDF di sini secara gratis tanpa batasan. Pustaka PDF Drive tetap up-to-date untuk terus berkembang dan menawarkan kepada pengguna basis data yang sangat besar untuk e-book PDF. Seperti Library Genesis, PDF Drive mencakup banyak topik profesional tentang e-book. Selain melihat pratinjau dan mengunduh, PDF Drive juga menawarkan beberapa opsi lanjutan. Kamu dapat membeli buku, mengonversi PDF ke EPUB, mengirim buku ini ke email dan Kindle.

Internet Archive Books

Internet Archive Books adalah perpustakaan nirlaba yang mengompilasi jutaan buku, film, perangkat lunak, musik, situs web, dan banyak lagi. Dalam koleksi buku, beberapa buku tersedia untuk dibaca dan diunduh secara gratis. Buku sisanya hanya dapat dipinjam dan dibaca di pembaca buku online mereka. Internet Archive Books memiliki cakupan topik yang lebih luas daripada Library Genesis. Ada lebih dari ribuan topik dan subjek dalam ratusan bahasa di Internet Archive Books. Jika kamu mencari buku sejarah dan akademis, dan bahkan beberapa buku yang sudah tidak dicetak lagi, ini adalah situs terbaik yang bisa coba kamu kunjungi.

Free-Ebooks.net

Free-Ebooks.net mengkhususkan diri dalam mengumpulkan karya penulis baru & independen serta penulis kreatif. Kamu dapat melihat pratinjau e-book sekitar 18 halaman dan menambahkan e-book yang kamu suka ke daftar buku pinjammu. Pengguna gratis dapat membaca e-book apa pun dalam format HTML secara online. Pengguna standar yang terdaftar dapat mengunduh 5 e-book per bulan dalam format PDF & TXT secara gratis. Ketika kamu menjadi  anggota V.I.P., kamu dapat mengunduh semua e-book dalam format apa pun yang kamu inginkan. Kamu dapat memilih dari format apa pun untuk digunakan dengan semua perangkat membaca seperti iPad, Kindle, Nook, Kobo atau eReader dan lainnya.