*/?>

4 Tips Ciptakan Suasana Belajar Mendukung

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 10 Nov 2021
Sumber gambar : colorado christian university
Sumber gambar : colorado christian university

Sebagai mahasiswa kelas online, terkadang kamu mungkin kesulitan untuk tetap termotivasi dan fokus pada kelas selama program gelar online-mu. Menyelesaikan pekerjaan, kewajiban keluarga, dan sekolah bisa terasa luar biasa. Maka dari itu, menciptakan area belajar yang tenang dan bebas gangguan penting untuk kesuksesanmu. Berikut adalah beberapa tips untuk mempromosikan kebiasaan belajar yang positif dan menciptakan lingkungan belajar yang sempurna!

Pilih Lokasi Belajar yang Nyaman

Langkah pertama untuk menciptakan ruang belajar yang bisa mendorong motivasimu belajar adalah memilih lokasi yang nyaman. Lokasi ini bisa berupa kantor pribadi, meja di kamar tidurmu, atau bahkan kursi di meja dapur. Bagian yang penting adalah memilih area dengan gangguan minimal – ruang yang tenang dan santai di mana kamu dapat fokus dan menyelesaikan pekerjaan rumahmu. Dengan mendedikasikan area tertentu untuk tugas kuliahmu, kamu dapat melatih otak untuk fokus secara eksklusif pada belajar, dan bukan daftar tugas atau gangguan lainnya ketika berada di ruangan tersebut.

Jaga Suhu Ruangan

Faktor lain yang bisa sangat mengganggu jika diabaikan adalah suhu ruangan. Adalah penting bahwa kamu mengatur suhu kamar untuk kenyamanan sebelum kamu mulai belajar. Lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa sangat mengganggu dan menghilangkan konsentrasi. Seperti misalnya, lingkungan yang dingin sering menyebabkan penurunan tingkat produktivitasmu. Juga, di lingkungan yang lebih dingin, tubuhmu akan mengeluarkan lebih banyak energi untuk membuatmu tetap hangat, membagi konsentrasi dan fokusmu pada akhirnya.

Perhatikan Kursi dan Meja

Tahap kedua dari proses menciptakan lingkungan belajar yang ideal adalah memulai dengan hal-hal mendasar seperti memilih meja dan kursi yang tepat. Ini mungkin tampak sebagai hal yang jelas. Namun masih banyak mahasiswa yang salah mengartikan ruang belajar yang nyaman untuk tempat tidur mereka. Kenyamanan adalah elemen penting dalam menentukan ruang yang ideal, tetapi kenyamanan yang berlebihan terkadang dapat menjadi gangguan. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih meja dan kursi yang nyaman daripada tempat tidur. Namun, kursi yang nyaman tidak berarti kamu memilih jenis kursi malas karena mereka akan bertindak sebagai pengalih perhatian. Kamu harus tetap mempertahankan postur yang tepat saat belajar.

Tata Ruang Belajar

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa ruang yang rapi dan tertata rapi dapat meningkatkan energimu saat belajar dan mengurangi tingkat stres yang tinggi. Kiat-kiat ini juga sangat penting untuk menghindari kejenuhan belajar, yang tampaknya menjadi masalah serius di kalangan mahasiswa. Ingatlah hal ini saat merancang lingkungan belajarmu. Tempat kerja yang bersih dan tertata akan membantumu merasa lebih nyaman saat melakukan sesi belajar.