*/?>

Memahami Profesi Ornitologis

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 16 Nov 2021
Sumber gambar : hindustan times
Sumber gambar : hindustan times

Jika kamu tertarik mempelajari burung dan habitatnya, kamu mungkin unggul dalam karir sebagai Ahli Ornitologi. Ahli ornitologi melakukan penelitian lapangan dan laboratorium untuk mempelajari lebih lanjut tentang perilaku, habitat, dan pola migrasi burung agar tetap terlindungi dan bebas dari bahaya. Tugas umum seorang ahli ornitologi meliputi:

  1. Melakukan penelitian lapangan untuk menganalisis pola migrasi, kebutuhan habitat dan metode atau laju reproduksi
  2. Memantau dan menentukan populasi dan kesehatan berbagai spesies burung
  3. Melacak pergerakan burung dengan menangkap dan mencapnya
  4. Mengumpulkan data tentang populasi burung dan menganalisisnya dengan cermat
  5. Membangun proyek pembangunan dengan melakukan penilaian dampak satwa liar
  6. Mengembangkan kebijakan dan melaksanakan gerakan advokasi untuk menjaga burung tetap aman dan terlindungi

Nah, ada banyak lingkungan kerja berbeda bagi tiap ahli ornitologi tergantung jenis bidang atau spesialisasi yang mereka kejar. Mereka yang ingin bekerja di lapangan mempelajari habitat dan perilaku burung mungkin menghabiskan sebagian besar waktu mereka di luar. Mereka mungkin menghabiskan sisa shift mereka di laboratorium untuk mempelajari data dan sampel yang mereka kumpulkan. Banyak dari ahli ornitologi ini bekerja untuk entitas pemerintah, organisasi tanah dan margasatwa, atau organisasi nirlaba konservasi.

Ahli ornitologi lain yang ingin bekerja dengan burung dan satwa liar lainnya dapat bekerja di taman kebun binatang untuk melakukan tugas kedokteran hewan atau melakukan penelitian sebagai ilmuwan lingkungan. Beberapa mungkin memutuskan untuk bekerja di kelas dan mengajar siswa tentang burung dan satwa liar lainnya di universitas, sambil juga melakukan penelitian. Banyak ahli ornitologi bekerja penuh waktu, seringkali di luar jam tradisional untuk mempelajari burung pada waktu yang paling tepat, seperti selama musim kawin.

Tertarik mengambil jalur karir ini? Begini cara memulainya: karena di Indonesia tidak ada jurusan ornitologi secara eksklusif, kamu bisa memulai dengan gelar sarjana dalam bidang biologi, biologi satwa liar, zoologi, atau ekologi. Latar belakang yang baik dalam sains dan matematika sangat penting. Pengetahuan tentang perangkat lunak statistik juga sangat membantu, terutama untuk posisi lanjutan. Karena ahli ornitologi menghabiskan banyak waktu untuk menulis laporan, keterampilan komunikasi yang baik dan kursus tentang penulisan teknis juga bermanfaat.

Ps: jangan takut tertinggal, jurusan biologi, biologi satwa liar, zoologi, atau ekologi juga merupakan jurusan awalan yang paling banyak dipilih para ahli ornitologi!