*/?>

Alur SNMPTN 2022

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 06 Dec 2021
Sumber gambar : SNMPTN 2022
Sumber gambar : SNMPTN 2022

Mungkin bukan hari ini atau besok jadwal pendaftaran siswanya. Namun, tahu caranya sejak dini akan membantumu lebih cepat dan mudah mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022! Bersama kuliahdimana.id, kali ini kita akan membahas alur SNMPTN 2022 dilansir dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) agar kamu siap dan sigap sat hari-H!

Alur SNMPTN 2022

  1. Pengumuman kuota, pada umumnya, LTMPT mensyaratkan kuota tiap program studi untuk jalur SNMPTN adalah minimal 20 persen dari total kuota siswa.
  2. Registrasi akun sekolah ke LTMPT. Sebagai siswa, kamu boleh, loh bertanya apakah sekolahmu sudah terdaftar. Sebab dalam beberapa kasus SNMPTN tahun lalu, beberapa sekolah lupa mendaftar dan berujung pada banyak siswa yang gagal mengikuti kesempatan yang ada cuma sekali setahun ini.
  3. Registrasi akun siswa ke LTMPT yang jumlahnya untuk sekolah dengan akreditasi A hanya 45 persen siswa terbaik, sekolah dengan akreditasi B hanya 25 persen terbaik, dan sekolah dengan akreditasi C hanya 5 persen terbaik.
  4. Pengumuman akreditasi dan jumlah kuota oleh LTMPT
  5. Pemeringkatan siswa oleh sekolah 
    • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
    • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
    • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
    • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian.
  6. Pengisian PDSS oleh sekolah
  7. Siswa terpilih login ke LTMPT untuk daftar (Pilih PTN dan program studi lalu unggah portofolio)
  8. Seleksi
  9. Pengumuman hasil
  10. Daftar Ulang 

Nah, SMPTN 2022 sebenarnya tak berbeda dari SNMPTN 2021. Kamu bisa bertanya pada seniormu yang lolos SNMPTN lalu kroscek dengan pengumuman-pengumuman dari LTMPT. Kalau masih ragu soal informasi penting seputar SNMPTN 2022 lainnya? Kamu bisa mampir ke kuliahdimana.id!