*/?>

Mahasiswa, Ini 4 Kunci Tumbuhkan Leadership Skill

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 01 Mar 2022
Sumber gambar : Great Learning
Sumber gambar : Great Learning

Jangan melulu jadi pengikut adalah hal nomer satu yang perlu kamu tunjukkan di bangku kuliah dan hal ini bukan soal selalu menganggap segalanya adalah persaingan tetapi lebih ke bagaimana kamu, sebagai individu, bertumbuh menjadi pemimpin yang handal! Kemampuan memimpin yang handal ini juga nantinya akan berguna ketika kamu terjun di dunia kerja, loh!

Bagaimana cara mengembangkannya? Ikuti 4 tips menumbuhkan leadership skill di bawah ini! 

Latih Disiplin

Seorang pemimpin yang baik membutuhkan disiplin. Mengembangkan disiplin dalam kehidupan profesional (dan pribadi) sendiri adalah suatu keharusan untuk menjadi pemimpin yang efektif, dan untuk menginspirasi orang lain untuk disiplin juga. Orang akan menilai kapasitasmu untuk memimpin dengan jumlah disiplin yang kamu tunjukkan kepada mereka. Kamu selalu dapat memulai dari yang kecil: cobalah menerapkan kebiasaan baik di rumah, seperti bangun pagi dan berolahraga setiap hari; mulai dari sana!

Latih Tanggung Jawab

Cara yang bagus untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinanmu adalah dengan mengambil lebih banyak tanggung jawab. Kamu tidak harus melakukan lebih dari yang dapat kamu tangani, tetapi kamu perlu melakukan lebih dari sekadar apa yang tercakup dalam deskripsi tugasmu jika kamu ingin berkembang. Keluar dari zona nyaman adalah satu-satunya cara untuk mempelajari sesuatu yang baru.

Latih Diri Menjadi Pengikut yang Baik

Seorang pemimpin sejati tidak memiliki masalah menyerahkan kendali kepada orang lain bila perlu. Kamu tidak boleh merasa terancam ketika seseorang tidak setuju dengan pendapatmu, mempertanyakan pemikiranmu, atau mengemukakan ide mereka sendiri. Tetap berpikiran terbuka. Hal ini tidak akan selalu mudah, tetapi jika kamu belajar untuk menghargai dan menghormati orang lain dalam tim, mereka akan lebih mungkin untuk melangkah maju ketika kamu memimpin.

Situational Awareness

Tanda seorang pemimpin yang baik adalah seseorang yang dapat melihat gambaran yang lebih besar, dan mengantisipasi masalah sebelum terjadi. Ini adalah keterampilan yang berharga untuk dimiliki saat menangani proyek kompleks dengan tenggat waktu yang ketat. Kemampuan untuk meramalkan dan memberikan saran untuk menghindari masalah potensial sangat berharga bagi seorang pemimpin. Kemampuan ini juga membantumu mengenali peluang keberhasilan.

Sudah siap jadi pemimpin?