*/?>

Tips Belajar Efektif Saat Kuliah

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 27 Sep 2019
Sumber gambar: irishtime
Sumber gambar: irishtime

Masa kuliah adalah masa pengembangan diri meskipun demikian, terkadang menyisipkan waktu untuk serius belajar jadi terasa sulit ketika sudah asyik berkumpul bersama teman atau melakukan kegiatan lain yang lebih menyenangkan ketimbang belajar. Meskipun demikian, belajar juga merupakan aspek penting yang tak boleh ditinggalkan karena dengan belajar pemahaman dan wawasan diri bisa lebih terbuka. Dikutip dari webster.edu, ini dia 5 tips belajar efektif saat berkuliah:

Pertama, Aturlah waktu sebaik mungkin. Misal ciptakan rencana belajar dan capaian yang ingin didapatkan pada akhir minggu atau semester. Capaian ini dapat dicatat di kalender. Selain itu, jangan hanya mencatat waktu khusus untuk belajar namun catat juga kapan waktu kelas, waktu makan, dan waktu luang untuk besenang-senang sehingga ada keseimbangan dan tidak harus merasa stres karena terus belajar.Wwalau begitu, tetap prioritaskan tugas dan kepentingan akademik lainnya.

Kedua, Pilihlah situasi yang mendukung. Belajarlah di tempat yang sepi sehingga bisa berkonsentrasi, persiapkan juga materi belajar terlebih dahulu dan pastika handphone, tablet atau komputer dipergunakan khusus untuk belajar dan tidak untuk media sosial atau permainan.

Ketiga, Berpikir positif. Dorong diri untuk selalu membeikan penghargaan diri ketika berhasil, selalu bertanya jika kesulitan dan selalu ingat jika belajar adalah hal penting yang tak bisa terlewatkan agar lulus ujian. Opsi lainnya adalah belajar bersama teman jika memungkinkan agar belajar terasa lebih menyenangkan

Keempat, Gunakan teknik belajar yang tepat, misal SQR3 untuk pelajaran non matematik. SQR3 adalah Survey, Question, Read, Recite dan Review. Jika pelajaran matematik, gunakan teknik PRESP yaitu Preview, Read, Examples, Summarize, dan Problems. Selain itu, jangan lupa melakukan repetisi agar apa yang sudah dibaca dapat diingat. Bisa juga gunakan analogi atau pengibaratan yang familiar untuk mempermudah pemahaman akan topik yang dipelajari

Kelima, Lawanlah diri sendiri. Yang dimaksud adalah melawan rasa malas, kebosanan dan distraksi dari hal eksternal seperti media sosial dan lainnya. Tanamkan dalam diri jika lebih menguntungkan belajar sedikit demi sedikit diselingi waktu bersenang-senang dengan porsi secukupnya dari pada menggunakan sistem kebut semalam.

Selamat Belajar!