*/?>

Tips Memilih Program Studi Paling Cocok untuk Mahasiswa Baru

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 20 Jul 2020
Sumber gambar : link-assistant.com
Sumber gambar : link-assistant.com

Masuk ke bangku kuliah adalah hal yang penting. Namun, lebih penting memilih program studi apa yang paling cocok untukmu. Kalau salah pilih, dampaknya bisa menurunkan semangat belajar bahkan membuatmu tidak nyaman untuk melanjutkan kuliah. Apalagi, beban mata kuliah di perguruan tinggi berbeda dengan saat SMA; kamu akan dihadapkan dengan lebih banyak tugas dan proses belajar yang juga cepat sehingga kemampuanmu untuk catch up menjadi penting.

Melihat pentingnya akurasi pemilihan program studi, berikut beberapa tips agar kamu bisa menemukan program studi yang paling tepat untukmu:

  • Persiapan Karir : Mungkin kamu sudah tahu bahwa kamu ingin menjadi perawat, pedagang harian, ahli terapi fisik, atau pengembang web. Untuk memastikan pilihanmu, ambil satu atau dua kelas dalam disiplin yang relevan, periksa silabus untuk seminar lanjutan, dan berbicaralah dengan mereka yang mengambil jurusan yang sama denganmu
  • Potensi Penghasilan : Potensi penghasilan di masa depan patut dipertimbangkan — perguruan tinggi adalah investasi besar, dan meskipun perguruan tinggi dapat membayarmu dengan berbagai cara di luar gaji, ini bisa menjadi faktor penghambat bagi siswa yang membayar sendiri atau mengambil pinjaman. Ingatlah juga kualitas hidup mu— gaji besar itu mungkin tidak sepadan jika kamu tidak bahagia di pekerjaan tersebut.
  • Pilih Subjek yang Kamu Cintai : Jika kamu menyukai apa yang kamu pelajari, kemungkinan besar kamu akan terlibat penuh di kelas sehingga dapat memaksimalkan pengalaman belajarmu. Hal ini juga mendorongmu mendapatkan akses interaksi dengan banyak orang yang bisa membantumu berkembang di bidang yang kamu pilih.

Jika kamu benar-benar tidak tahu apa yang ingin kamu pelajari? Tidak apa-apa. Berikut beberapa tips untuk menemukan passion belajarmu:

  • Manfaatkan setiap kursus pendidikan umum yang dibutuhkan — pilihlah yang menarik minatmu.
  • Bicaralah dengan profesor, penasihat, kepala departemen, atau teman-temanmu yang sudah kuliah.
  • Lakukan magang singkat untuk meyakinkanmu bahwa apa yang kamu lakukan memang menyenangkan.

Menjelajahi minatmu akan membantumu menemukan jurusan yang paling sesuai — dan mungkin bahkan karier idealmu. Nah, jika sudah tahu ingin memilih program studi apa, lalu bagaimana sih caranya memilih pergurun tinggi yang paling tepat untukmu? Yuk intip Tips Memilih Perguruan Tinggi yang Tepat