*/?>

Tips Memilih Perguruan Tinggi yang Tepat

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 26 Sep 2019
Sumber: British Mountaneering Council
Sumber: British Mountaneering Council

Mencari perguruan tinggi yang cocok untuk melanjutkan studi adalah hal yang sangat penting. Cocok yang dimaksudkan adalah fasilitas pengajaran dan kualitas pengajaran harus mampu mendukung perkembangan pengetahuan yang calon mahasiswa akan dapatkan. Apalagi dalam dunia perguruan tinggi, bukan hanya soal duduk di kelas saja yang penting tetapi relasi serta ekstrakulikuler yang mumpuni juga harus menyimbangkan nilai akademik. Berikut adalah tips mencari perguruan tinggi yang cocok bagi mahasiswa baru menurut careeraddict.com:

  • Carilah data tentang program studi yang ditawarkan > Mencari data tentang program studi yang cocok dengan passion kita sangatlah penting. Namun perguruan tinggi dapat dikatakan cukup spesifik dalam penyediaan program studi maka saat mencari tempat stui lanjutan, cocokkan program studi dan carilah perguruan tinggi yang menyediakan program studi tersebut
  • Lihat juga daftar ekstrakulikuler > Hobi dapat juga dikembangkan saat kuliah. Misal olahraga atau kegiatan debat. Universitas yang baik tentu akan mampu memberikan wadah organisasi ekstrakulikuler yang juga baik sehingga kesempatan mengikuti lomba nasional pun menjadi mungkin.
  • Perhatikan reputasi perguruan tinggi > Jika suka politik, maka carilah perguruan tinggi yang punya reputasi baik pada bidang politik dan jika suka bisnis, masuklah ke universitas yang memiliki reputasi baik di bidang tersebut. Kesesuaian ini akan tentu memaksimalkan pembelajaran pada bidang yang digeluti.
  • Lihatlah testimoni mahasiswa alumni > Penjelasan tentang pengalaman, seperti apa suasana kampus, dosen dan fasilitas juga penting diketahui dari orang yang pernah belajar di sana agar ada gambaran jika perguruan tinggi yang dituju benar-benar cocok
  • Datangi langsung untuk survei > Untuk memastikan jika fasilitas dan perguruan tinggi sama seperti yang dipromosikan, datang langsung untuk survei sangat penting. Tahap ini adalah saat untuk melihat apakah orang-orang di sana memberi pelayanan baik, ramah dan sesuai harapan.

Selain tips di atas, perhatikan juga budget serta kemampuan finansial agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Istilahnya “mencari yang terbaik di golongannya”, yaitu mencari perguruan tinggi terbaik sesuai kemampuan finansial. Dapat juga memantau perusahaan mana yang perguruan tinggi tujuan ajak bekerja sama. Jika kerja sama antar institusi erat, kemungkinan lulusan agar masuk ke institusi besar tersebut akan berpeluang besar karena sudah adanya kepercayaan dan afiliasi erat keduanya.