*/?>

Mengenal Program Studi Desain Produk

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 07 Dec 2020
Sumber foto: University of Utah
Sumber foto: University of Utah

Tingkatkan dunia di sekitarmu dengan menciptakan produk yang berguna, hemat energi, sesuai secara ergonomis, hemat biaya, dan bertanggung jawab secara sosial. Pecahkan tantangan desain dunia nyata dengan bergabung di program studi Desain Produk! Nah, apa sih desain produk itu? Yuk kulik lebih dalam bersama kuliahdimana.id!

Apa sih Jurusan Desain Produk?

Desain produk adalah gelar interdisipliner empat tahun dengan ilmu yang didasarkan pada prinsip-prinsip desain industri. Mahasiswanya akan mengambil kelas inti dalam membuat sketsa konsep, pembuatan model, dan pemodelan komputer. Namun ini bukan program desain industri tradisional. Untuk berinovasi dalam masyarakat saat ini, seorang desainer harus memiliki pemahaman dasar tentang teknik, kebutuhan manusia, dan pasar. Program studi ini mengharuskan mahasiswanya untuk juga mengambil kelas dalam fisika, teknik, desain, pemrograman komputer, antropologi, dan kewirausahaan. Ini benar-benar jurusan interdisipliner dan dirancang untuk "polymaths" - individu yang unggul dalam aktivitas "otak kanan" dan "otak kiri"

Unsurnya adalah seni visual terapan yang mempersiapkan individu untuk menggunakan teknik artistik untuk mengkomunikasikan ide dan informasi secara efektif kepada bisnis dan audiens konsumen melalui penciptaan bentuk, bentuk, dan kemasan yang efektif untuk produk manufaktur. Termasuk instruksi dalam mendesain dalam berbagai variasi media plastik dan digital, konstruksi prototipe, pengembangan dan penyempurnaan desain, prinsip penghematan biaya, dan struktur produk dan kriteria kinerja yang relevan dengan parameter desain estetika.

Apa saja yang Dipelajari di Jurusan Desain Produk?

Berikut beberapa mata kuliah di Jurusan Desain Produk yang dilansir dari Universitas Pembangunan Jaya! (Setiap universitas memiliki ciri khas kelasnya masing-masing, jadi apa yang diajarkan bisa berbeda)

  • Bentuk Gambar > Mata Kuliah ini mengajarkan dasar berperilaku ilmiah, seperti melakukan observasi pada sebuah obyek, mengamati, merekam dan menggambarkan kembali obyek yang sesuai dengan aslinya.
  • Desain Produk > Mata kuliah ini akan mempelajari dan mengeksplorasi citra dari ragam jenis bentuk tiga dimensional dimulai perencanaan sketsa, perwujudan bentuk, sampai pencitraan dari bentuk itu sendiri. 
  • Green Design> Matakuliah ini memberi pengetahuan mengenai daur hidup produk (Life cycle product) dan aplikasinya untuk mendukung produk berkelanjutan (sustainable product).
  • Digital Modeling > Mata kuliah ini menjelaskan mengenai Prinsip-prinsip dasar untuk menggunakan software digital untuk menterjemahkan hasil pemikiran desain mahasiswa, dari konsep sketsa menjadi model digital
  • Ergonomi Desain > Mata Kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai sejarah dan desain, serta filosofi dalam ergonomi, juga kebutuhan dan spesifikasi ISO, OSHA dan unsur keselamatan ketika manusia bekerja dengan lingkungan sekitarnya atau ketika dia menggunakan sebuah benda atau produk.

Setelah Lulus Bekerja Dimana?

Ragu karena tidak tahu akan bekerja dimana setelah lulus? Berikut 3 (dan tidak terpaku hanya pada 3) sektor di mana keahlianmu di bidang desain produk dapat digunakan!

  • Industrial designer (desainer yang bekerja secara teamwork dan lintas disipilin dalam suatu libang industri)
  • Industrial design entrepreneur (wirausahawan desain yang diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat luas)
  • Industrial design researcher (peneliti, konsultan ahli di bidang desain produk industri). Para alumni Desain Produk bekerja dan menjadi tenaga ahli di lingkungan industri manufaktur, industri BUMN, konsultan desain, industriawan, biro perencanaan, lembaga penelitian, lembaga Pemerintah, Bank, Rumah Produksi, Dosen PTN-PTS, Penerbitan, Industri Kecil, Lembaga Swadaya Masyarakat di bidang Desain atau menjadi desainer lepas (wirausahawan).