*/?>

6 Alat Analisis Untuk Penelitian Kuantitatif

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 23 Nov 2021
Sumber gambar : humanitix
Sumber gambar : humanitix

Mendekati masa akhir kuliah, kamu pasti akan merasakan apa itu namanya penelitian. Walaupun mungkin pernah meneliti, entah kualitatif atau kuantitatif di beberapa kelas sebelumnya, melakukan penelitian untuk tugas akhir biasanya lebih sulit. Kamu harus benar-benar berpikir sendiri dari awal hingg akhir, belum lagi beban analisisnya.

Bagian analisis ini sih bisa berbeda kalau kamu memilih kualitatif atau kuantitatif. Satunya hanya berupa ketikan dan yang satunya harus menggunakan alat analisis sebab bentuknya angka. Untuk opsi kedua, yaitu kuantitatif, tentunya kamu harus memilih perangkat lunak mana yang paling cocok dan paling mudah untukmu. Apa saja alat analisis yang paling populer dan mudah dioperasikan ini? Yuk cek 6 di antaranya di sini!

SPSS

SPSS adalah salah satu program statistik dan analisis data yang paling umum digunakan dalam bisnis, pendidikan, dan penelitian akademik. Ini tersedia di semua komputer kampus umum dan kamu juga dapat mengunduh salinan perangkat lunak ini ke komputermu.

Excel

Excel dapat digunakan untuk statistik deskriptif dan untuk analisis yang lebih kompleks dengan Analysis ToolPak yang diinstal (tersedia untuk semua versi Excel untuk PC tetapi hanya Excel untuk MAC 2016).

R

R adalah lingkungan perangkat lunak gratis untuk komputasi statistik dan grafik. Perangkat lunak ini dapat beroperasi di Window dan MAC. Jika kamu menginginkan antarmuka pengguna grafis, unduh versi gratis RStudio.

JAMOVI

JAMOVI dirancang agar mudah digunakan dan merupakan alternatif dari produk statistik yang mahal seperti SPSS dan SAS. Dibangun di atas bahasa statistik R dan akan selalu terbuka dan gratis. Dibuat untuk komunitas ilmiah, oleh komunitas ilmiah.

PSPP

PSPP adalah program untuk analisis statistik data sampel. Ini adalah alternatif gratis untuk SPSS, dan memiliki tampilan dan nuansa yang serupa. PSPP dapat melakukan statistik deskriptif, T-tes, anova, regresi linier dan logistik, ukuran asosiasi, analisis cluster, keandalan dan analisis faktor, tes non-parametrik dan banyak lagi.

OpenStat

OpenStat adalah paket statistik umum untuk Windows. Namun, itu dapat diinstal pada MAC menggunakan Wine.h dari situs web OpenStat. OpenStat memiliki antarmuka pengguna seperti SPSS. Situs web memiliki dokumentasi bantuan dalam bentuk video, ebook, dan manual pengguna. Tautan ke ebook Springer:

SOFA

SOFA, Statistics Open For All, adalah "program statistik, analisis, & pelaporan yang ramah pengguna. Program ini gratis, dengan penekanan pada kemudahan penggunaan, kmenggunakan konsep belajar sambil jalan, dan hasil analisis yang sempurna."