*/?>

Anak IPA Lulus Jadi Apa? Masuk ke 4 Industri Ini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 05 May 2022
Sumber gambar : schools week
Sumber gambar : schools week

Hai kamu anak IPA yang sebentar lagi lulus, kamu pasti sudah sudah mulai melihat ke depan dan ingin segera menentukan akan kerja apa di kemudian hari. Tak perlu bingung, sebagai lulusan IPA, peluang karirmu akan terbuka lebar, apa lagi 'angka' muncul di setiap bidang kehidupan. Nah, untuk kamu anak IPA yang masih bingung mau jadi apa dan berkarir di mana, yuk cek 4 industri menjanjikan di bawah ini!

Industri Kecerdasan Buatan

Dengan digitalisasi yang cepat merayap ke hampir setiap fungsi kehidupan modern, para profesional yang dapat memahami kecerdasan buatan akan menjadi seseorang yang tak ternilai harganya. Pembelajaran AI tidak hanya inovatif tetapi juga sangat diminati. Selain itu, perusahaan besar juga menginvestasikan sejumlah besar uang pada orang-orang yang memiliki keahlian di bidang ini. Dengan demikian, menjadi ahli kecerdasan buatan menjadikannya profesi yang sangat layak secara komersial.

Industri Sains Data

Sains Data secara sederhana adalah studi tentang berbagai jenis data dengan penerapan metode ilmiah, proses, dan algoritma. Di zaman sekarang ini, data dianggap sebagai hal yang paling penting dalam sebuah organisasi. Perusahaan mengandalkan penambangan dan decoding data berkualitas tinggi untuk diterapkan dalam operasi mereka. Data telah menjadi tolok ukur untuk mendorong pertumbuhan bagi investor dan korporasi. Campuran ilmu komputer, matematika, dan analitik di bidang ini akan melengkapi seorang profesional untuk memperkirakan angka bisnis masa depan dan data teknis lainnya.

Industri Analisis Bisnis

Meskipun digunakan sebagai alternatif dalam berbagai konteks, ilmu data dan analisis bisnis tidaklah sama. Sementara bidang analisis bisnis dan data, keduanya adalah studi tentang data, sifat data yang dipelajari bervariasi. Analis bisnis adalah kegiatan mengolah data bisnis yang digunakan untuk membuat keputusan penting perusahaan. Analisis bisnis mempelajari data yang sangat terstruktur untuk membawa perubahan penting dalam keputusan bisnis. Profesi dalam analisis bisnis sangat teknis dan intelektual. Bidang ini akan membuat profesionalnya berurusan dengan anak tangga teratas dari manajemen perusahaan dan karenanya, dianggap sangat bermanfaat.

Industri Blockchain

Setelah revolusi bitcoin di akhir 2010-an, blockchain dan profesi yang terkait dengannya menjadi sangat terkenal. Blockchain adalah sesuatu yang telah memikat setiap individu muda di negara ini dengan perkembangan blockchain menjadi profesi yang dicari. Dengan meningkatnya kesadaran dalam cryptocurrency dan perdagangannya, permintaan untuk pengembang blockchain telah tumbuh secara eksponensial. Bidang yang menarik, pengembangan blockchain membutuhkan pemahaman tingkat tinggi tentang perangkat lunak komputer yang kompleks, matematika, statistik, dan algoritma.