*/?>

6 Skill Teknologi Paling Menjanjikan di Masa Depan!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 06 May 2022
Sumber gambar : Times of Malta
Sumber gambar : Times of Malta

Teknologi terus berkembang. Ide-ide besar yang mengintegrasikan teknologi ke kehidupan manusia sudah mulai 'booming'. Wajar kalau kita yang berniat berkarir di lini ini sudah mulai mencari keterampilan teknologi mana yang paling dicari oleh perusahaan masa depan. Kita sudah harus siap-siap sejak dini agar tak kalah bersaing dan bisa punya keterampilan yang 'most in-demand' di pasar. Mau tahu keterampilan bidang teknologi mana yang jadi top 6 sebagai keterampilan yang paling menjanjikan di masa depan? Cek 6 keterampilan teknologi di bawah ini!

Artificial Intelligence

AI dengan cepat mengubah lanskap pekerjaan. Pertumbuhan perekrutan untuk praktisi AI tumbuh 32% antara 2019 dan 2020. Karena adopsi yang semakin meluas, spesialis AI mendapatkan posisi pekerjaan baru palig dicari perusahaan #1 LinkedIn pada tahun 2020 dan #15 dalam daftar "pekerjaan yang sedang naik daun" pada tahun 2021. AI adalah konsep yang lebih luas yang berkaitan dengan mesin yang dirancang untuk bertindak secara cerdas seperti manusia. Keterampilan teratas yang perlu diketahui dalam kecerdasan buatan termasuk C++, Amazon Web Services (AWS) dan Python.

Machine Learning

Machine Learning adalah salah satu bidang paling inovatif dan menarik yang bergerak ke masa depan, menjadikannya salah satu keterampilan terbaik untuk dipelajari pada tahun 2022 (dan salah satu yang paling menguntungkan untuk dipelajari!). Dari Siri dan Alexa hingga chatbots hingga analisis prediktif hingga mobil self-driving, ada banyak kegunaan untuk teknologi futuristik ini. Machine Learning bahkan telah digunakan untuk membantu memprediksi seberapa menular pasien dengan COVID-19 dan mempercepat pengembangan obat. Menurut survei tahunan ketiga Algorithmia, 76% perusahaan memprioritaskan AI dan pembelajaran mesin daripada inisiatif TI lainnya pada tahun 2021. Kasus penggunaan umum untuk machine learning termasuk sistem rekomendasi, menghasilkan wawasan dan kecerdasan pelanggan, dan mendeteksi penipuan.

Data Science & Data Analytics

Dua keterampilan teknologi yang secara konsisten diminati dalam Big Data mencakup data science dan data analytics. Pendapatan dari aplikasi dan analitik Big Data diproyeksikan tumbuh dari $5,3 miliar pada 2018 menjadi $19,4 miliar pada 2026. Industri yang paling banyak berinvestasi di Big Data adalah perbankan, manufaktur, layanan profesional (misalnya, penasihat keuangan, firma akuntansi) dengan total investasi mereka diperkirakan $274,3 miliar pada tahun 2022. 59% perusahaan mengadopsi analitik data besar untuk mempercepat pengambilan keputusan mereka dan menghadirkan akurasi yang lebih baik. Ini adalah bagian dari mengapa ilmu data mendapatkan posisi teratas dalam laporan pekerjaan baru LinkedIn selama tiga tahun laporan tersebut.

Data Visualization

Visualisasi data adalah cara untuk membantu orang memahami pentingnya data dengan menempatkannya dalam konteks visual. Misalnya dengan mengubah spreadsheet atau laporan menjadi bagan dan grafik yang mudah dipahami. Keterampilan ini biasanya digunakan oleh ilmuwan data dan analis data, tetapi juga dapat membantu dalam peran pemasaran digital. Pikirkan karir ini sebagai jembatan antara peran teknis dan non-teknis. Mereka yang berkecimpung di bidang ini biasanya mengambil data yang dikumpulkan oleh analis dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat dipahami siapa pun. Ini adalah salah satu keterampilan digital teratas untuk dipelajari pada tahun 2022 karena dengan semua karir data di luar sana, perusahaan membutuhkan juru bahasa dan komunikator data yang terampil.

Cybersecurity

Untuk setiap perusahaan yang mengumpulkan informasi pelanggan atau berurusan dengan data sensitif mereka sendiri, menjaga keamanan jaringan adalah yang terpenting. Faktanya, jumlah pelanggaran data pada tahun 2021 melebihi semua pelanggaran tahun 2020 pada Oktober 2021 (meningkat 17%) dan perusahaan yang terkenal diretas di masa lalu termasuk Sony, LinkedIn, Chipotle, dan lainnya. Penelitian juga menunjukkan bahwa serangan jarak jauh adalah sumber terbesar peretasan hingga 20?ri serangan keamanan siber pada tahun 2020. Situasi ini menggarisbawahi betapa pentingnya bagi perusahaan untuk menjaga keamanan jaringan mereka, dan menjadikan keamanan siber sebagai salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan dan salah satu keterampilan teknologi teratas yang dibutuhkan pada tahun 2022. satu tahun, permintaan perusahaan untuk insinyur keamanan telah meningkat sebesar 132%.

Cloud Computing

Pekerjaan di bidang cloud computing sedang meningkat karena semakin banyak perusahaan yang beralih dari infrastruktur server klasik ke solusi cloud. Menurut Forrester Research, pasar untuk layanan cloud publik global akan mencapai $482 miliar pada tahun 2022 (naik 21,7?ri tahun 2021). Tidak hanya perusahaan yang beralih ke cloud, tetapi banyak perusahaan membangun produk dan layanan mereka langsung di cloud alih-alih beralih nanti. Itu berarti keterampilan arsitektur cloud-native akan menjadi beberapa keterampilan terbaik untuk dipelajari pada tahun 2022 dan seterusnya. Amazon Web Services adalah salah satu dari platform cloud ini, yang menampilkan pengiriman konten, penyimpanan database, jaringan, dan lebih dari 200 layanan secara total.