*/?>

Pilih 7 Jurusan Ini Agar Mudah Dapat Kerja Setelah Lulus

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 20 May 2022
Sumber gambar : Freepik.com
Sumber gambar : Freepik.com

Memilih jurusan bisa jadi harus sesuai minatmu, tapi ada juga yang memperhatikan pergerakan industri; apakah ilmu yang didapat akan sesuai pasar, apakah ilmu yang dimiliki bisa dijual untuk karir. Bagi kamu golongan kedua, tidak ada salahnya memilih jurusan berdasarkan analisismu. Lagipula, kamu sudah masuk ke ranah menuju 'dewasa' dan kamu bisa bertanggung jawab sendiri atas pilihan-pilihan ini. 

Untuk membantumu melangkah, di bawah ini adalah 7 jurusan, yang menurut penelitian Top Universities, akan bertumbuh subur. Kalau kamu masuk jurusan di bawah ini, kemungkinanmu untuk dapat kerja akan lebih besar karena demand pasar yang juga terus berkembang. Tak usah berlama-lama, ini dia 7 Jurusan yang lulusannya cepat dapat kerja 2022 versi Top Universities!

7 Jurusan yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja 2022

Manajemen

Jurusan manajemen memberikan mahasiswanya dasar yang luas dalam topik yang berkaitan dengan bisnis, keuangan, ekonomi dan pemasaran. Sebagian besar gelar manajemen memiliki fokus yang sangat praktis, dengan peluang untuk menyelesaikan penempatan kerja dan proyek profesional sebagai bagian dari kegiatan kuliah. Mahasiswanya dapat memilih untuk tertarik pada teori yang membahas kebijakan dan praktik terbaik dalam manajemen, ada juga fokus manajemen yang berorientasi pada penelitian.

Akuntansi

Jurusan akuntansi mengajarkan mahasiswanya cara membuat, memelihara, dan mengaudit sistem yang terperinci dan akurat yang menampilkan keuangan bisnis atau organisasi. Mereka mempelajari teori di balik akuntansi dan belajar bagaimana menganalisis posisi keuangan suatu perusahaan atau organisasi. Mereka yang ingin belajar akuntansi harus tertarik pada angka, komunikasi informasi keuangan, keuangan perusahaan, program perangkat lunak, dan analitik data.

Ekonomi

Jurusan ekonomi adalah pilihan jurusan yang mengajar mahasiswanya meneliti pertanyaan yang berkaitan dengan alokasi sumber daya, insentif dan kekayaan. Ekonomi relevan untuk studi pascasarjana dan profesional di bidang-bidang seperti manajemen bisnis, hukum dan urusan publik, serta gelar sarjana yang berguna untuk banyak jalur karir lainnya. Di jurusan ini, mereka akan belajar cara menganalisis pengambilan keputusan. Jurusan ekonomi memberikan mahasiswanya paparan teknik penelitian, metode pembuatan kebijakan, analisis kuantitatif dan banyak lagi.

Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang ideal bagi mereka yang tertarik dengan masyarakat, media, dan komunikasi. Mahasiswa ilmu komunikasi ditantang untuk mendekati proses komunikasi dari berbagai sudut. Lulusannya biasanya bekerja sebagai peneliti opini publik, ahli strategi media sosial, editor berita, pemimpin kampanye atau juru bicara, misalnya. Calon mahasiswa di jurusan ini harus memiliki latar belakang ekonomi, sejarah atau studi sosial.

Teknologi Informasi

Jurusan teknologi informasi akan mempelajari ilmu komputer, bisnis, dan komunikasi. Jurusan ini berfokus pada desain sistem informasi teknologi, termasuk sistem komputasi, sebagai solusi untuk kebutuhan dukungan data dan komunikasi bisnis serta penelitian. Sepanjang jalan, mahasiswanya mungkin fokus pada satu spesialisasi seperti pengembangan web atau komunikasi digital. Tetapi terlepas dari fokus tersebut, mereka akan memperoleh keterampilan teknis dan komunikasi yang kuat.

Teknik Industri

Teknik Industri adalah sebuah jurusan yang mempersiapkan individu untuk menerapkan prinsip-prinsip ilmiah dan matematika untuk desain, perbaikan, dan instalasi sistem terintegrasi orang, material, informasi, dan energi. Termasuk instruksi dalam matematika terapan, ilmu fisika, ilmu sosial, analisis teknik, desain sistem, aplikasi komputer, dan metodologi peramalan dan evaluasi.

Keperawatan

Jurusan keperawatan mempersiapkan mahasiswanya untuk jalur karir dalam administrasi keperawatan, penelitian keperawatan dan keperawatan klinis. Mahasiswa keperawatan dilengkapi dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menilai skenario klinis, menavigasi interaksi pasien dan bekerja dengan sukses di berbagai pengaturan perawatan kesehatan. Lulusan dengan gelar keperawatan akan siap untuk menjadi perawat terdaftar, memberikan layanan yang komprehensif dalam perawatan kesehatan.