*/?>

7 Transferable Skills Yang Mesti Kamu Punya Menurut Forbes!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 23 May 2022
Sumber gambar : Rawpixel
Sumber gambar : Rawpixel

Ada kata kunci tertentu di hampir setiap postingan pekerjaan yang berhubungan dengan keterampilan: kompetensi teknologi, komunikasi, multitasking, kerja tim, kreativitas, pemikiran kritis, dan kepemimpinan. Kata-kata ini mewakili bahasa rahasia yang hanya dipahami oleh sedikit pencari pekerjaan. Orang-orang yang memiliki 7 keterampilan ini adalah juga orang-orang yang mendapatkan tawaran pekerjaan. Itu karena kata kunci dan frasa ini mewakili keterampilan yang memungkinkanmu melakukan pekerjaanmu dengan baik, apa pun pekerjaan itu. 7 keterampilan ini dikenal sebagai keterampilan yang dapat ditransfer (Transferable Skills) karena tidak peduli apa pekerjaan atau profesimu, 7 keterampilan ini membuat perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan dalam karirmu. Ini dia 7 Transferable Skills yang mesti kamu miliki agar sukses di dunia kerja ala Forbes!

Kompetensi di Bidang Teknologi

Salah satu keterampilan teknis yang penting untuk setiap pekerjaan adalah kompetensi teknologi. Bahkan ketika kamu tidak bekerja di bidang teknologi, keterampilan teknologi yang kuat akan meningkatkan stabilitas dan membantumu meningkatkan pertumbuhan profesional dalam karirmu.

Kemampuan Komunikasi

Setiap pekerjaan profesional saat ini membutuhkan keterampilan komunikasi; promosi dan kesuksesan profesional tidak mungkin tanpa mereka. Tetapi komunikasi mencakup lebih dari sekadar mendengarkan dan berbicara. Ketika dunia profesional berbicara tentang keterampilan komunikasi, itu mengacu pada empat keterampilan utama dan empat keterampilan pendukung.

Keterampilan berpikir kritis

Keterampilan berpikir kritis adalah aplikasi dunia profesional dari semua keterampilan pemecahan masalah yang telah kamu kembangkan sejak sekolah dasar: pendekatan sistematis untuk mengungkap semua masalah yang terkait dengan tantangan tertentu yang akan mengarah pada solusinya.

Multitasking

Ini adalah salah satu keterampilan yang paling diinginkan di era baru. Namun, menurut banyak penelitian, tuntutan multitasking dalam kehidupan profesional modern menyebabkan frustrasi dan kehancuran besar-besaran bagi para profesional di mana pun.Hanya sedikit orang yang memahami apa yang dibangun dari kemampuan multitasking: manajemen waktu yang baik dan keterampilan organisasi. Agar sukses multitasking, kamu harus terorganisir; menetapkan prioritas dan mengatur waktu.

Teamwork

Dunia profesional berputar di sekitar tantangan kompleks yang menuntut agar kamu bekerja secara efisien dan penuh hormat dengan orang lain yang memiliki tanggung jawab, latar belakang, tujuan, dan bidang keahlian yang sama sekali berbeda. Kerja tim meminta komitmenmu terhadap tim dan kesuksesannya didahulukan. Ini berarti kamu mengambil tugas karena itu perlu dilakukan, bukan karena itu membuatmu terlihat 'baik' saja.

Kreativitas

Kreativitas disebut keterampilan yang kompleks. Itu karena mereka hanya bisa muncul ketika kombinasi terintegrasi penuh dari masing-masing keterampilan yang dapat ditransfer lainnya dibawa ke dalam pekerjaanmu. Kreativitasmu berasal dari kerangka acuan yang kamu miliki terhadap pekerjaan, profesi, dan industri. Kreativitas memungkinkan kamu melihat pola yang ada di balik tantangan, menghubungkan titik-titik dan menemukan solusi atas setiap permasalahan.

Kepemimpinan

Ketika orang lain percaya pada kompetensimu, mereka akan mengikutimu; kamu menerima tanggung jawab, tetapi "kami" mendapatkan pujian. Ketika tindakanmu menginspirasi orang lain untuk berpikir lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak, dan menjadi lebih, kamu sedang dalam perjalanan untuk menjadi seorang pemimpin. Ini pada akhirnya akan diakui dan dihargai dengan promosi ke atas jajaran manajemen.