*/?>

5 Buku Mahasiswa Astronomi Wajib Baca

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 24 May 2022
Sumber gambar :Haverford College
Sumber gambar :Haverford College

Astronomi adalah ilmu fisika yang mengkaji proses-proses yang menggerakkan alam semesta. Mahasiswanya mempelajari teori di balik asal usul ruang dan bagaimana elemen alam semesta berevolusi dari waktu ke waktu. Jurusan astronomi menggunakan metode ilmiah untuk mengajukan pertanyaan baru dan memulai proyek penelitian yang berkaitan dengan bagaimana alam semesta terbentuk dan bintang-bintang, planet-planet, lubang hitam, materi gelap dan galaksi yang ada di dalamnya. Dengan kurikulum yang berpusat pada fisika dan matematika, jurusan astronomi juga menggunakan data untuk mengamati dan memodelkan alam semesta. Untuk memahami lebih dalam mengenai alam semesta dan segala isinya, mahasiswa jurusan astronomi wajib membaca beberapa buku seperti:

A Brief History of Time

Sebuah volume penting dalam penulisan sains oleh salah satu pemikir besar di zaman kita, buku Stephen Hawking mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan mendalam seperti: Bagaimana alam semesta dimulai—dan apa yang memungkinkan permulaannya? Apakah waktu selalu mengalir? Apakah alam semesta tidak berkesudahan—atau ada batasnya? Apakah ada dimensi lain di luar angkasa? Apa yang akan terjadi ketika semuanya berakhir? Diceritakan dalam bahasa yang kita semua bisa mengerti, A Brief History of Time terjun ke alam eksotik lubang hitam dan quark—di mana kemungkinannya menakjubkan dan tak terduga. Dengan gambar yang menarik dan imajinasi yang mendalam, Stephen Hawking membawa kita lebih dekat ke rahasia utama di jantung penciptaan.

The Human Cosmos: A Secret History of the Stars

Hubungan bawaan kita dengan bintang-bintang membentuk siapa kita - keyakinan agama kita, struktur kekuasaan, kemajuan ilmiah dan bahkan biologi kita. Tetapi selama beberapa abad terakhir kita telah memisahkan diri dari alam semesta yang mengelilingi kita. Dalam The Human Cosmos Jo Marchant membawa kita pada tur melalui sejarah hubungan manusia dengan surga. Buku ini akan membawa pembacanya dalam perjalanan ke Hall of the Bulls di Lascaux dan menyaksikan titik balik matahari musim dingin di makam berusia 5.000 tahun di Newgrange, mengunjungi biarawan Abad Pertengahan Tahiti, menemukan bagaimana cahaya mengungkapkan komposisi kimia matahari, dan lain sebagainya. Buku ini akan menunjukkan mengapa mengamati bintang bisa sangat penting bagi manusia.

Constellations: The Story of Space Told Through the 88 Known Star Patterns in the Night Sky

Dalam Constellations, penulis astronomi pemenang penghargaan Govert Schilling membawa kita pada tur visual yang belum pernah terjadi sebelumnya dari 88 rasi bintang di langit malam kita. Lebih dari sekadar panduan pengamat bintang, buku ini adalah sejarah lengkap astronomi seperti yang diceritakan oleh Schilling melalui lensa setiap konstelasi. Buku ini disusun menurut abjad berdasarkan konstelasi. Profil setiap konstelasi mencakup informasi dasar seperti ukuran, visibilitas, dan jumlah bintang, serta informasi tentang penemuan dan penamaan konstelasi serta pengetahuan terkait. Di luar detail tentang konstelasi itu sendiri adalah informasi tentang setiap peristiwa astronomi yang terjadi atau penemuan yang dibuat di sekitar konstelasi. Peta bintang yang menakjubkan di seluruh buku oleh pembuat peta bintang terkenal Wil Tirion untuk menunjukkan kepada kita lokasi yang tepat dari setiap konstelasi, detail strukturnya, serta tetangga astronomi di sekitarnya.

Cosmos

Buku yang menakjubkan secara visual ini dengan lebih dari 250 ilustrasi penuh warna, banyak di antaranya belum pernah diterbitkan sebelumnya, didasarkan pada serial televisi karya Carl Sagan. Diceritakan dengan kemampuan luar biasa Sagan untuk membuat ide-ide ilmiah dapat dipahami dan menarik, Cosmos adalah tentang sains dalam konteks manusia yang paling luas, bagaimana sains dan peradaban tumbuh bersama. Cosmos adalah kisah perjalanan panjang penemuan dan kekuatan serta individu yang membantu membentuk sains modern, termasuk Democritus, Hypatia, Kepler, Newton, Huy-gens, Champollion, Lowell, dan Humason. Sagan melihat planet kita dari sudut pandang ekstra-terestrial dan melihat dunia seperti permata biru, dihuni oleh makhluk hidup yang baru mulai menemukan kesatuannya sendiri dan menjelajah ke samudra angkasa yang luas.

Missions to Mars: A New Era of Rover and Spacecraft Discovery on the Red Planet

Dengan semua perhatian baru-baru ini diberikan pada Planet Merah, buku ini menawarkan kisah tentang misi terpenting NASA ke Mars; disuntikkan dengan foto berwarna, dan citra satelit yang mencatat perjalanan penemuan dan mencari bukti kehidupan organik di planet ini. Penulis Dr. Larry Crumpler adalah salah satu pemimpin perencanaan jangka panjang untuk Proyek Rover Eksplorasi Mars, di mana ia membantu komunikasi harian antara NASA dan penjelajah yang merayap di sekitar planet untuk mengumpulkan data ilmiah. Dalam biografi planet yang informatif ini, Dr. Crumpler menceritakan sejarah Planet Merah, dari zaman kuno hingga penemuan perintis yang diungkapkan oleh teknologi modern, termasuk beberapa gambar pertama dari penjelajah Perseverance.