*/?>

4 Tips Lulus Tepat Waktu!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 25 May 2022
Sumber gambar : ACS Technology
Sumber gambar : ACS Technology

Setiap mahasiswa ingin menyelesaikan gelar empat tahun mereka dalam empat tahun; kamu mungkin juga punya target demikian. Nah, perlu diketahui, lulus tepat waktu bukan hal yang mustahil dan bisa kamu capai asal kamu mengikuti tips-tips di bawah ini!

Fokus Kuliah

Akan sulit untuk kuliah sambil bekerja dan mengharapkan lulus tepat waktu. Maka dari itu, prioritaskan kuliahmu terlebih dahulu. Jika kamu memutuskan untuk bekerja di waktu luang, pastikan pekerjaanmu tidak mengganggu tugas-tugasmu; tahu sendiri, tugas sering menumpuk ketika kamu berada di bangku kuliah. Yang terpenting adalah manajemen waktu. Kamu bisa contek beberapa tipsnya di sini: Memahami Manajemen Waktu 'Time Blocking'.

Ambil 24 SKS Setiap Semester

Sementara mengambil 24 SKS per semester di sebagian besar perguruan tinggi dianggap penuh waktu, kamu disarankan untuk mengambil setidaknya 24 SKS setiap semester itu jika ingin lulus cepat.Bicaralah dengan konselor kampus untuk memastikan kredit yang kamu ambil memenuhi persyaratan gelar dan kelulusan. Jangan lupa, kamu juga harus tetap memperhatikan kesiapanmu sendiri. Kalau kamu bekerja sambil kuliah, mungkin 24 SKS akan sedikit sulit.

Rajin Masuk Kelas

Setiap kelas akan memiliki semacam kebijakan absen yang unik, tapi kamu disarankan untuk selalu masuk kelas. Mungkin ada saat-saat di mana kamu harus melewatkan kelasmu dan itu tidak masalah. Namun, pastikan kamu masuk saat bisa masuk sebab, ketinggalan satu kelas bisa berarti kamu ketinggalan satu bab baru yang mungkin muncul di ujian. Kamu memang bisa meminjam catatan dari teman sekelasmu, tapi tentu akan lebih mudah memahami sesuatu jika kamu mendengar sambil mencatat, bukan?

Hindari Gagal di Mata Kuliah

Hindari gagal di kelas yang kamu ambil. Penting untuk tetap pada jalur menyelesaikan kredit jika kamu ngin lulus tepat waktu. Jika kamu merasa terancam gagal kelas, hubungi profesor, penasihat akademik, dan sumber daya kampus lainnya, seperti pusat bimbingan belajar kampus. Jika kamu tahu bahwa suatu kelas akan menantang, pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan ekstra dari awal.