*/?>

Mengenal Program Studi Teknik Industri

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 27 May 2022
Sumber gambar : Greater Noida Institute of Technology
Sumber gambar : Greater Noida Institute of Technology

Jurusan Teknik Industri

Teknik Industri adalah sebuah jurusan yang mempersiapkan individu untuk menerapkan prinsip-prinsip ilmiah dan matematika untuk desain, perbaikan, dan instalasi sistem terintegrasi orang, material, informasi, dan energi. Termasuk instruksi dalam matematika terapan, ilmu fisika, ilmu sosial, analisis teknik, desain sistem, aplikasi komputer, dan metodologi peramalan dan evaluasi. Jika kamu masuk ke jurusan Teknik Industri, kamu akan:

  • Menjadi bagian dari bidang yang dinamis - teknologi selalu berkembang, dan kamu harus mengikuti semuanya, selalu belajar bagaimana menghasilkan inovasi.
  • Selalu didorong untuk datang dengan solusi dan sudut pandang yang berbeda. Tidak ada yang namanya ide buruk dalam Teknik Industri.
  •  Dapat menempuh jalur yang lebih teknis atau berorientasi manajemen. Belajar di jurusan Teknik Industri itu fleksibel!

Mata Kuliah Jurusan Teknik Industri

Berikut beberapa mata kuliah jurusan Teknik Industri semester 3 di Universitas Gadjah Mada:

  1. Kalkulus
  2. Riset Operasi
  3. Ergonomika
  4. Praktikum Statistika Kerja Lab / Lab. Teknik Mutu dan Kehandalan
  5. Statistika 
  6. Proses Manufaktur
  7. Prak. Perancangan & Pengembangan Produk / Desain dan Pengembangan Produk Kerja lab
  8. Perancangan & Pengembangan Produk /
  9. Desain dan Pengembangan Produk

Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri Beserta Gajinya

Dilansir dari Universitas Pasundan, lulusan Teknik Industri bisa masuk ke dalam lingkungan kerja untuk divisi produksi, engineering, maintenance, hingga HRD. Secara umum, rerata gaji lulusan S1 Teknik Industri untuk perusahaan swasta (non-BUMN) di dalam negeri berkisar di angka 4 hingga 6 juta per bulan untuk dua tahun pertama. Walau begitu, peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi sangat terbuka terutama bila kamu mempunyai keahlian khusus yang biasanya disertai dengan sertifikat (melalui proses sertifikasi).