*/?>

5 Buku Mahasiswa Desain Grafis Wajib Baca

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 21 Jul 2022
Sumber gambar : Palm Beach Atlantic University
Sumber gambar : Palm Beach Atlantic University

Kembali lagi di artikel kuliahdimana.id yang membahas buku yang mahasiswa perlu baca sesuai jurusan pilihan mereka. Kali ini membahas buku tentang grafis desain, berikut adalah lima buku yang mahasiswa desain grafis wajib baca sebagai amunisi di bangku kuliah! Tak usah lama-lama, yuk segera merapat!

Intermezzo: Jurusan desain grafis adalah jurusan yang mempersiapkan individu untuk menerapkan teknik artistik dan komputer untuk interpretasi konsep teknis dan komersial. Termasuk instruksi dalam seni dan desain berbantuan komputer, seni grafis, sketsa konsep, gambar teknik, teori warna, pencitraan, teknik studio, pemodelan diam, aplikasi multimedia, keterampilan komunikasi, dan operasi bisnis seni komersial.

Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team

Dari penelitian dan analisis melalui strategi merek, pengembangan desain melalui desain aplikasi, dan standar identitas melalui peluncuran dan tata kelola, Designing Brand Identity Edisi Keempat menawarkan kepada manajer merek, pemasar, dan desainer proses lima fase universal yang terbukti untuk menciptakan dan menerapkan merek yang efektif identitas. Diperkaya dengan studi kasus baru yang menampilkan merek-merek kelas dunia yang sukses, Edisi Keempat ini memberi pembaca informasi terkini tentang tren terbaru dalam pencitraan merek, termasuk jejaring sosial, perangkat seluler, pasar global, aplikasi, video, dan merek virtual. Buku ini dibagi menjadi tiga bagian: dasar-dasar merek, dasar-dasar proses, dan studi kasus. Versi terbaru buku ini mencakup sinergi lintas saluran media sosial, crowdsourcing, SEO, perangkat seluler, wayfinding, dan placemaking.

Branding: In Five and a Half Steps

Michael Johnson adalah salah satu desainer grafis dan konsultan merek terkemuka di dunia. Studionya, johnson bank, bertanggung jawab atas rebranding banyak klien terkenal, termasuk Virgin Atlantic, Think London, BFI, Christian Aid, dan MORE TH>N, dan dia telah mengumpulkan banyak penghargaan dalam prosesnya. Buku Branding: In Five and a Half Steps adalah salah satu tulisannya. Dalam buku ini, Johnson mengupas merek sehari-hari hingga komponen dasarnya, dengan studi kasus yang memungkinkan pembaca memahami mengapa individu memilih satu produk atau layanan di atas yang lain. Bagian pertama buku ini menunjukkan bagaimana kelahiran sebuah merek dimulai bukan dengan menemukan solusi, melainkan dengan mengidentifikasi pertanyaan yang benar. Johnson melanjutkan untuk mengungkap elemen tersembunyi yang terlibat dalam menciptakan merek yang sukses?dari tali pengikat yang memberi merek narasi dan tujuan hingga penggunaan tipografi yang menyatukan desain dan bahasa.

Logo Modernism

Publikasi buku yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, yang ditulis oleh Jens Müller dan berjudul Logo Modernism, menyatukan sekitar 6.000 merek dagang, yang berfokus pada periode 1940-1980, untuk memeriksa bagaimana sikap dan keharusan modernis melahirkan identitas perusahaan. Mulai dari yang menengah hingga raksasa ritel, maskapai penerbangan hingga galeri seni, survei menyeluruh ini disusun dalam tiga bab berorientasi desain: Geometris, Efek, dan Tipografi. Setiap bab kemudian dibagi lagi ke dalam bentuk dan gaya yang dipimpin bagian seperti alfabet, overlay, titik dan kotak. Di samping katalog lengkap, buku ini menampilkan pengantar dari Jens Müller tentang sejarah logo, dan esai oleh R. Roger Remington tentang modernisme dan desain grafis. Delapan profil desainer dan delapan studi kasus instruktif juga disertakan, dengan tampilan rinci pada kehidupan dan karya tokoh-tokoh seperti Paul Rand, Yusaku Kamekura, dan Anton Stankowski, dan pada proyek-proyek penting seperti Fiat, The Daiei Inc., dan Olimpiade Meksiko 1968. 

Drawing Type: An Introduction to Illustrating Letterforms

Sebagian inspirasi dan sebagian buku kerja, jenis gambar yang digambar tangan ini akan menginspirasi dan menggairahkan desainer mana pun untuk menggambar dan menjelajahi jenisnya. Drawing Type menampilkan proyek dunia nyata dan buku sketsa dari desainer tipe terkenal, termasuk wawancara tentang proses pembuatannya. Jenis gambar tangan yang menyenangkan dapat dengan mudah digunakan dalam berbagai disiplin ilmu dalam desain dan ilustrasi seperti pengemasan, editorial, poster, periklanan, grafik online, dan papan nama; estetika buatan tangan lebih lazim sekarang daripada sebelumnya. Alex Fowkes akan membantu pembaca membuat tata letak huruf dan tipografi khusus. Alex mendorong pembacanya untuk mulai menggambar semua jenis tipografi, termasuk serif, sans serif, dan skrip. Dia memberikan banyak contoh tipografi untuk menarik inspirasi sehingga pembacanya bisa menjadi cukup percaya diri untuk menggambar sendiri. Drawing Type sangat cocok untuk mempelajari dan mengembangkan keterampilan di rumah atau di ruang kelas--sumber daya tak ternilai yang dapat dirujuk lagi dan lagi.

Why Fonts Matter

Manusia semua terus-menerus berinteraksi dengan penulisan di hampir setiap aspek kehidupan. Tetapi bagaimana font memengaruhi apa yang seorang individu baca dan memengaruhi pilihan yang mereka buat buat? Why Fonts Matter membuka ilmu pengetahuan dan seni di balik bagaimana font mempengaruhi pembacanya. Ini menjelaskan mengapa font atau gaya tertentu membangkitkan pengalaman dan asosiasi tertentu. Font memiliki kepribadian berbeda yang dapat menciptakan kepercayaan, ketidakpercayaan, memberi pembacanya kepercayaan diri, membuat sesuatu tampak lebih mudah dilakukan, atau membuat produk terasa lebih enak. Fonts tersembunyi di depan mata, memicu ingatan, asosiasi, dan pengalaman multisensor dalam imajinasi manusia. Buku ini untuk siapa saja yang tertarik untuk memberi dampak pada kata-kata, yang menyukai kata-kata dan bagaimana kata-kata itu memengaruhi manusia.