*/?>

Beasiswa Chevening Segera Buka, Cek Syaratnya Di Sini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 27 Jul 2022
Sumber gambar : Chevening Scholarship
Sumber gambar : Chevening Scholarship

Beasiswa Chevening memungkinkan mahasiswa dari seluruh dunia untuk mengejar gelar master satu tahun di Inggris. Chevening mencari mereka yang memiliki semangat, ide, dan pengaruh untuk memberikan solusi dan kepemimpinan yang diperlukan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.

Karena beasiswa ini sepenuhnya didanai (penerbangan, akomodasi, dan biaya kursus sudah termasuk), kandidat bebas untuk fokus pada pencapaian tujuan profesional dan memaksimalkan pengalaman seumur hidup. Kandidat akan tinggal dan belajar di Inggris selama satu tahun, selama waktu itu kandidat akan berkembang secara profesional dan akademis, berjejaring secara luas, mengalami budaya Inggris, dan membangun hubungan positif yang langgeng dengan Inggris. Setelah menyelesaikan studi, kandidat akan meninggalkan Inggris dengan dilengkapi pengetahuan dan jaringan yang diperlukan untuk berkarir lebih luas.

Untuk tahun ajaran 2022/2023, pendaftaran Beasiswa Chevening dibuka mulai 1 Agustus 2022 sampai 1 November 2022. Kemudian, timeline proses seleksi beasiswa tertera secara lengkap di https://www.chevening.org/scholarships/application-timeline/.

Syarat Beasiswa Chevening

Agar memenuhi syarat untuk Beasiswa Chevening kandidat harus:

  • Menjadi warga negara dari negara atau wilayah yang memenuhi syarat Chevening.
  • Kembali ke negara kewarganegaraan semula selama minimal dua tahun setelah beasiswa berakhir.
  • Telah menyelesaikan semua komponen gelar sarjana yang memungkinkan untuk masuk ke program pascasarjana di universitas Inggris.
  • Memiliki setidaknya dua tahun (setara dengan 2.800 jam) pengalaman kerja.
  • Sudah mendaftar diri ke tiga program universitas UK berbeda yang memenuhi syarat dan telah menerima tawaran tanpa syarat dari salah satu pilihan ini paling lambat 13 Juli 2023.

Kandidat tidak memenuhi syarat untuk Beasiswa Chevening jika:

  • Memegang kewarganegaraan Inggris atau berkewarganegaraan ganda Inggris (kecuali kandidat adalah warga negara Wilayah Luar Negeri Inggris atau memegang BN(O) dan melamar dari Hong Kong).
  • Berstatus pengungsi di negara yang memenuhi syarat non-Chevening. Pelamar yang merupakan warga negara dari negara yang memenuhi syarat Chevening dan yang memegang status pengungsi di negara yang memenuhi syarat Chevening memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa.
  • Merupakan karyawan, mantan karyawan, atau kerabat* dari karyawan Pemerintah, atau telah berada dalam dua tahun terakhir sejak pembukaan aplikasi Chevening (termasuk Kantor Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan, semua Kedutaan Besar Inggris/Komisi Tinggi, Kantor Dalam Negeri, Kementerian Pertahanan, Departemen Bisnis, Energi dan Strategi Industri, Departemen Perdagangan Internasional dan UKVI), British Council, universitas sponsor Inggris, atau anggota staf Asosiasi Universitas Persemakmuran.
  • Karyawan, mantan karyawan, atau kerabat* dari karyawan organisasi Mitra Chevening memenuhi syarat untuk melamar, tetapi jika pekerjaan tersebut dalam dua tahun terakhir, kandidat tidak dapat menerima Penghargaan Mitra Chevening dari organisasi tempat kandidat bekerja, sebelumnya bekerja, atau berafiliasi dengan melalui kerabat.
  • Pernah belajar di Inggris dengan dana dari beasiswa yang didanai Pemerintah Inggris.

Kandidat yang memenuhi syarat dapat dinyatakan tak memenuhi syarat jika pada saat pendaftaran melakukan kesalahan. Kandidat dapat membaca common errors agar pendaftaran lancar di https://www.chevening.org/scholarships/guidance/common-errors/