*/?>

Mengenal Program Studi Kedokteran Gigi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 28 Jul 2022
Sumber gambar : college atlas
Sumber gambar : college atlas

Kedokteran Gigi dan Apa Yang Dipelajari

Jurusan Kedokteran Gigi Suatu jurusan yang mempersiapkan individu untuk praktik profesional independen kedokteran gigi meliputi evaluasi, diagnosis, pencegahan, dan pengobatan penyakit, gangguan, dan kondisi rongga mulut, area maksilofasial, dan struktur yang berdekatan dan dampaknya terhadap manusia tubuh dan kesehatan. Termasuk pengajaran dalam ilmu biomedis dasar, oklusi, kesehatan gigi dan pencegahan, patologi mulut, cariologi, kedokteran gigi operatif, radiologi mulut, prinsip-prinsip berbagai spesialisasi gigi, manajemen nyeri, pengobatan oral, klinik dan manajemen perawatan kesehatan, konseling pasien, dan profesional standar dan etika.

Syarat Masuk Jurusan Kedokteran Gigi

Sekolah kedokteran gigi mencari individu dengan pendidikan menyeluruh tetapi berbasis pada sains. Kamu harus berfokus pada nilai tinggi, beban kursus yang ketat, dan kursus pilihan yang akan membantumu mempelajari praktik yang baik untuk layanan pelanggan dan hubungan dunia kedotekteran gigi.

Persyaratan untuk sekolah kedokteran gigi juga bervariasi. Umumnya, universitas menginginkan mahasiswanya punya dasar di bidang biologi, kimia umum, kimia organik, dan fisika – semua dengan pengalaman laboratorium terlampir. Sekolah lain mungkin memerlukan kelas tambahan dalam sains tingkat atas. Kamu tidak harus mengambil jurusan sains sama sekali tetapi kamu harus menyelesaikan prasyarat untuk sekolah kedokteran gigi yang kamu hadiri.

Berdasarkan penjelasan di atas, untuk masuk sekolah kedokteran gigi, kamu harus menyelesaikan S1 Pre-Dentistry Program. Kamu biasanya harus mempertahankan IPK minimal 2.0 dalam program pra-dokter gigi untuk masuk ke sekolah kedokteran gigi. Kamu akan diberikan gelar Bachelor of Science di akhir studi pra-dokter gigi sebelum mendapat gelar lebih tinggi saat terjun ke sekolah kedokteran gigi.

10 Universitas Kedokteran Gigi Persaingan Terketat 2022

Jika kamu sudah mantap akan melanjutkan studi sampai sekolah kedokteran gigi, berikut 10 universitas dalam negeri yang persaingan masuknya paling ketat di Indonesia 2022 versi kuliahdimana.id. Selain itu, kamu juga bisa lihat daya tampungnya tahun ini:

Universitas Keketatan Daya Tampung
Universitas Diponegoro 2.48% 10
Universitas Jenderal Soedirman 3.02% 25
Universitas Sam Ratulangi 3.14% 13
Universitas Padjadjaran 3.44% 33
Universitas Udayana 3.50% 20
Universitas Sumatera Utara 3.77% 46
Universitas Syiah Kuala 4.30% 36
Universitas Andalas 4.44% 32
Universitas Sriwijaya 4.67% 40
Universitas Mulawarman 4.79% 14

Data di atas di lansir dari kuliahdimana.id yang juga bisa kamu akses dengan login terlebih dahulu di sini (SINI)!