*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Fisika

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 22 Aug 2022
Sumber gambar : edarabia

Jurusan fisika adalah jalur gelar sains yang mengajarkan mahasiswanya agar dapat menjelaskan bagaimana dunia bekerja dan bagaimana alam semesta disusun. Jurusan ini mempelajari materi dan energi juga mendapatkan paparan teori klasik dan modern di lapangan. Mahasiswanya juga menghabiskan waktu menyelesaikan eksperimen di laboratorium. Dengan skala topik yang relevan dengan fisika mulai dari partikel subatom hingga semua alam semesta yang terlihat, jurusan ini memiliki banyak hal untuk dijelajahi dan dipelajari. Ingin masuk jurusan ini tapi ragu? Kamu bisa mulai dari 5 alasan di bawah!

(Baca juga: Mengenal Program Studi Fisika)

Ilmu Sains Paling Dasar

Fisika sangat penting untuk memahami dunia di sekitar kita, dunia di dalam diri kita, dan dunia di luar kita. Ini adalah ilmu yang paling mendasar. Fisika menantang imajinasi kita dengan konsep-konsep seperti relativitas dan teori string, dan ini mengarah pada penemuan-penemuan hebat, seperti komputer dan laser, yang mengarah pada teknologi yang mengubah hidup kita—dari menyembuhkan sendi, menyembuhkan kanker, hingga mengembangkan solusi energi berkelanjutan.

Diperlukan Untuk Kelangsungan Teknologi

Banyak kemajuan teknologi dalam masyarakat modern kita mengalir langsung dari laboratorium fisika, seperti banyak aplikasi laser, atau kemungkinan kereta layang berkecepatan tinggi yang mengandalkan superkonduktor suhu tinggi. Sebagian besar peralatan dan teknologi yang digunakan oleh ilmuwan dan dokter medis lain pada awalnya dikembangkan oleh fisikawan, termasuk sinar-x, laser, dan MRI. Ini hanyalah beberapa contoh aplikasi menarik yang dihasilkan dari upaya intelektual dalam fisika.

Diperlukan Untuk Kelangsungan Industri

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, membuat sesuatu melibatkan penggunaan energi, kekuatan, robotika, dan semua bidang utama fisika. Fisika juga memainkan peran utama dalam pengembangan kebutuhan masa depan industri juga. Fisika dan teknik sangat penting di pabrik, bahkan di bidang pertambangan, pembuatan kapal, pertanian, pariwisata, perjalanan. Misalnya, pengetahuan tentang fisika cuaca, fisika mesin, fisika siklus air, kekekalan, dll.

Keterampilan Problem Solving

Belajar fisika di pendidikan tinggi melatihmu untuk menjadi ahli pemecah masalah. Kamu akan belajar untuk memecah masalah menjadi bagian-bagian komponennya dan menerapkan matematika tingkat lanjut, komputasi, analisis data, dan teknik eksperimental untuk sampai pada solusi. Kamu juga akan punya keterampilan menulis dan presentasi teknis, serta bekerja dalam tim.

Peluang Karir dan Peluang Pendidikan Lebih Tinggi yang Menarik

Gelar dalam fisika memberikan peluang untuk karir yang menantang dan menarik di banyak profesi, karena fisika mengajarkan keterampilan yang dapat ditransfer ke profesi ini. Keterampilan ini meliputi kemampuan analitis, pemodelan matematika, desain dan interpretasi eksperimen, pengalaman penelitian, dan keterampilan komunikasi. Jurusan fisika juga merupakan persiapan yang sangat baik bagi mahasiswa yang berencana memasuki bisnis terkait sains, Sekolah Kedokteran, atau Sekolah Hukum.