*/?>

P5 Masuk Dalam Kurikulum Merdeka, Apa Itu?

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 24 Aug 2022
Sumber gambar : P5
Sumber gambar : P5

Apa Itu P5?

Berdasarkan Kemendikbudristek No.56/M/2022, projek penguatan profil pelajar Pancasila (atau yang disingkat P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Dalam implementasinya, kompetensi profil pelajar Pancasila akan memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia, serta faktor eksternal yang berkaitan dengan konteks kehidupan dan tantangan bangsa Indonesia di Abad ke-21 yang sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0. Kegiatan akan dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Prinsip P5

  1. Holistik > Menelaah sebuah tema secara utuh dan melihat keterhubungan dari berbagai hal untuk memahami sebuah isu secara mendalam. Oleh karenanya, setiap tema projek profil yang dijalankan bukan merupakan sebuah wadah tematik yang menghimpun beragam mata pelajaran, namun wadah untuk meleburkan beragam perspektif dan konten pengetahuan secara terpadu.
  2. Kontekstual > Upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam keseharian. Prinsip ini mendorong pendidik dan peserta didik untuk dapat menjadikan lingkungan sekitar dan realitas kehidupan sehari-hari sebagai bahan utama pembelajaran
  3. Berpusat Pada Peserta Didik > Prinsip berpusat pada peserta didik berkaitan dengan skema pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menjadi subjek pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri
  4. Eksploratif > Projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak berada dalam struktur intrakurikuler.  Oleh karenanya projek profil ini memiliki area eksplorasi yang luas dari segi jangkauan materi peserta didikan, alokasi waktu, dan penyesuaian dengan tujuan pembelajaran.

Nilai yang Hendak Ditanamkan

Selain menyelaraskan pendidikan dengan nilai Pancasila, pengadaan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) punya misi untuk menanamkan nilai-nilai positif bagi peserta didik; yaitu:

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
  2. Berkebinekaan global.
  3. Bergotong-royong.
  4. Mandiri.
  5. Bernalar kritis.
  6. Kreatif.

Hal ini selaras dengan visi P5 yang ingin, "Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila,"

SUMBER: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Penguatan-Projek-Profil-Pancasila.pdf