*/?>

Mengenal Program Studi Sosiologi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 24 Aug 2022
Sumber gambar : Rawpixel
Sumber gambar : Rawpixel

Apa Itu Sosiologi?

Jurusan sosiologi berfokus pada studi tentang manusia. Mahasiswa di jurusan ini mengeksplorasi keragaman perilaku dan interaksi sosial. Mereka berusaha memahami perspektif manusia dengan menyelidiki berbagai kelompok dan institusi, seperti sekte agama, keluarga, atau gender dan ras. Ilmu sosial ini menganalisis interaksi manusia, entah dalam tataran individu, kelompok, komunitas, organisasi, budaya atau masyarakat.

Pada tingkat pribadi, sosiologi menyelidiki penyebab dan konsekuensi sosial dari hal-hal seperti cinta romantis, identitas ras dan gender, konflik keluarga, perilaku menyimpang, penuaan, dan keyakinan agama. Di tingkat masyarakat, sosiologi memeriksa dan menjelaskan hal-hal seperti kejahatan dan hukum, kemiskinan dan kekayaan, prasangka dan diskriminasi, sekolah dan pendidikan, perusahaan bisnis, komunitas perkotaan, dan gerakan sosial. Di tingkat global, sosiologi mempelajari fenomena seperti pertumbuhan penduduk dan migrasi, perang dan perdamaian, dan pembangunan ekonomi.

Mata Kuliah Jurusan Sosiologi

Melansir mata kuliah di jurusan sosiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) semester 3 dan 4, berikut adalah mata kuliah yang ditawarkan (wajib dan pilihan):

  1. Teknologi dan Perubahan Sosial
  2. Teori Sosiologi Kontemporer 
  3. Metode Penelitian Kuantitatif 
  4. Metode Penelitian Kualitatif 
  5. Statistik I
  6. Sosiologi Bisnis
  7. Sosiologi Media
  8. Analisis Data Komputer
  9. Teori Sosiologi Kritis dan Posmodern
  10. Statistik II
  11. Metode Penelitian Survei
  12. Pasar Bangkit 
  13. Sosiologi Kerja
  14. Sosiologi Bencana dan Lingkungan Hidup 
  15. Analisis Geografis dan Spasial
  16. Analisis Demografi 
  17. Psikologi Sosial 
  18. Sosiologi Visual
  19. Masalah Sosial Kontemporer 
  20. Migrasi dan Globalisasi

Baca juga: 5 Alasan Memilih Jurusan Sosiologi

Peluang Profesi Setelah Lulus Jurusan Sosiologi

Potensi karir jurusan sosiologi hampir tidak terbatas. Sosiolog dipekerjakan oleh lembaga penelitian, sistem peradilan pidana, kesehatan masyarakat dan organisasi kesejahteraan, bisnis swasta, firma hukum, lembaga internasional, pusat medis, lembaga pendidikan, perusahaan periklanan, organisasi survei dan polling, dan seterusnya. Mahasiswa dengan gelar sarjana sosiologi sering mendapatkan pekerjaan sebagai peneliti sosial, pekerja kasus, paralegal, pekerja hubungan masyarakat, administrator, organisator masyarakat, peneliti kebijakan publik, dan analis data. Lihat selengkapnya di 5 Prospek Pekerjaan Lulusan Sosiologi.