*/?>

Jokowi Beri IPB 5 Misi, Apa Saja?

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 26 Aug 2022
Sumber gambar : Tempo.co
Sumber gambar : Tempo.co

Institut Pertanian Bogor (IPB) kali ini dipanggil Presiden Jokowi untuk andil dalam perjalanan menuju Indonesia maju di bidang inovasi pangan, adaptasi pendidikan, dan riset mengenai penyakit yang disebabkan dari hewan atau zoonosis. Kala itu, Jokowi memang sedang mampir ke acara Dies Natalis IPB yang disiarkan secara virtual di Gedung Graha Widya Wisuda Kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor.

Dalam sambutannya, Jokowi berkata bahwa tahun ini semua negara di dunia dihadapkan pada ujian yang sama dan tantangan yang sama, yakni ancaman perubahan iklim, dinamika geopolitik global yang berdampak pada krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial. Agar Indonesia mampu bersaing, meningkatkan mutu pendidikan jadi kuncinya. IPB diharapkan bisa meluluskan individu yang mampu mendorong percepatan hilirisasi industri dan mencetak lebih banyak sosok techopreneur serta sosiopreneur.

Jika dijabarkan, berikut 5 poin yang Jokowi tekankan untuk IPB sebagai lembaga pendidikan. Hal-hal di bawah adalah mengenai capaian yang Jokowi harap IPB dapat penuhi:

  1. Mengembangkan riset agromaritim untuk menghasilkan inovasi tepat guna agar dapat membangun dan mendukung sistem pangan yang tangguh
  2.  memperluas penyebaran inovasi pangan ke berbagai pelosok Indonesia, memperluas kemitraan dengan berbagai stakeholder, kemitraan dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dengan kementerian dan lembaga, industri, petani dan peternak juga masyarakat luas.
  3. mengembangkan program-program studi kekinian dan kurikulum yang adaptif, yakni mengembangkan ilmu-ilmu baru yang relevan dengan kebutuhan saat ini dan masa depan, antara lain bio informatics dan bio medicine, nano sains and technology, neuronomic, dan lain-lainnya.
  4. Menyiapkan peringatan dini zoonosis untuk menghadapi penyakit imfeksius yang bersumber dari hewan, karena penyakit zoonosis diprediksi akan terus meningkat.
  5. Memperkuat sinergi dengan industri dalam riset dan pemanfaatan hasil-hasil riset, mempelopori sinergi hasil kolaborasi riset dan pemanfaatannya dengan industri, serta menjadikan kampus, sebagai jembatan dengan dunia industri.

"Ini jadi momentum yang tepat bagi IPB untuk berdiri terdepan menyelesaikan masalah-masalah di negara kita Indonesia," kata Jokowi. Pilihan tepat mengetahui IPB juga merupakan universitas pentolan tanah air. Misi besar yang IPB emban ini sekiranya mampu menyelamatkan indonesia dari krisis-krisis tak diinginkan dan menuju Indonesia Maju.