*/?>

Serba-Serbi ANBK 2022

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 30 Aug 2022
Sumber gambar : ANBK 2022
Sumber gambar : ANBK 2022

Kalau kamu salah satu siswa terpilih untuk mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022, artikel kali ini akan cocok untukmu. Pertanyaanmu soal instrumen asesmen serta bentuk soal yang kamu hadapi akan dijawab di sini. Tanpa berlama-lama, ini dia serba-serbi ANBK 2022!

Siapa yang menjadi peserta Asesmen Nasional?

Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM. Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir program belajarnya. Selain peserta didik, Asesmen Nasional juga akan diikuti oleh guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan. Informasi dari peserta didik, guru, dan kepala sekolah diharapkan memberi informasi yang lengkap tentang kualitas proses dan hasil belajar di setiap satuan pendidikan.

Instrumen apa saja yang akan digunakan dalam Asesmen Nasional?

Asesmen Nasional terdiri dari (3) instrumen, yaitu :

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid
    • Numerasi (Literasi Matematika) > Kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam menggunakan pengetahuan matematika yang dimilikinya dalam menjelaskan kejadian, memecahkan masalah, atau mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari.
    • Literasi Membaca > Kemampuan peserta didik untuk memahami, menggunakan, merefleksi, dan berinteraksi dengan teks tulis agar seseorang mampu meraih tujuan pribadi, mengembangkan pengetahuan dan potensinya, sehingga dia mampu berpartisipasi sebagai warga masyarakat.
  2. Survei karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid;
    • Survei Karakter ditujukan untuk mengukur perkembangan karakter peserta didik sebagai salah satu capaian pembelajaran. Pengembangan Survei Karakter Siswa mengacu pada Profil Pelajar Pancasila: 
      • beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, khususnya akhlak pada manusia, akhlak pada alam, dan akhlak bernegara,
      • gotong-royong,
      • kreativitas,
      • nalar kritis,
      • kebinekaan global, dan
      • kemandirian.
  3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat sekolah
    • Survei Lingkungan Belajar adalah alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan. Hasil dari Informasi yang diperoleh pada survei lingkungan belajar adalah tentang faktor-faktor dari aspek input dan proses pembelajaran yang berpotensi mempengaruhi hasil belajar murid.

Bagaimana bentuk soal Asesmen Nasional?

Bentuk soal Asesmen Nasional terdiri dari :

  1. Pilihan ganda;
  2. Pilihan ganda kompleks;
  3. Menjodohkan;
  4. Isian Singkat; dan
  5. Uraian

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa kunjungi https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/